Jannah, Putri Baitul (2024) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200133_Putri Baitul Jannah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan sebuah bangsa. lembaga pendidikan penting untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah. Dengan hal itu bisa dirasakan oleh masyarakat dengan berbagai keunggulannya, yang menjadikan nilai lebih sekolah agar orang tua mempercayakan anak-anaknya untuk bersekolah di sekolah tersebut. Di lapangan masih banyak siswa yang belum memahami program sekolah penggerak yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. siswa kurang merasakan impact dari program baru tersebut. Disisi lain kepala sekolah sebagai pemeran utama pada sebuah lembaga pendidikan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program sekolah penggerak di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. (2) faktor pendukung peran kepala sekolah dalam meningkatan mutu pendidikan melalui program sekolah penggerak di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo (3) kendala peran kepala sekolah dalam meningkatan mutu pendidikan melalui program sekolah penggerak di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru, dan Staff Administrasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode terntentu, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi).
Berdasarkan Hasil penelitian yang didapatkan ialah adanya (1) perencanaan dengan menentukan visi dan misi, keterlibatan waka kurikulum dan guru dalam merumuskan strategi, dan menetapkan tujuan pendidikan. (2) Pelaksanaan dengan memberikan arahan dan instruksi, meningkatkan Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo dan melibatkan pihak internal dan eksternal untuk bekerja sama. (3) faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaannya. Seperti, adanya kerjasama dengan berbagai pihak, SDM yang berkualitas, integrasi teknologi dan sumber daya digital, dan administrasi yang lebih efesien. Faktor yang jadi penghambat ialah seperti kesulitan adaptasi, adanya ketidaksiapan sumber daya manusia, administrasi yang kompleks dan adanya kekurangan finansial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fuadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29869 |
Actions (login required)
View Item |