Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di MIN 4 Ponorogo.

Putri, Difa Ananda (2024) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190226 DIFA ANANDA PUTRI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dapat dijadikan ukuran tingkat keberhasilan pemahaman individu atau siswa dalam menempuh pendidikan yang diinginkan. Berdasarkan observasi awal yang di lakukan peneliti di MIN 4 Ponorogo hasil belajar IPA siswa terbilang rendah, di buktikan dengan nilai siswa rata-rata masih di bawah KKM. Nilai siswa rata-rata di bawah 70 bahkan ada yang mendapat nilai 20 dan 30, padahal nilai kreteria ketuntasan minimal adalah 70. Hal ini disebabkan oleh salah satunya kurang tepatnya Model pembelajaran yang digunakan. satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah mencoba menggunakan Model Project Based Learning dan Discovery Learning.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan Model Project Based Learning dengan siswa yang menggunakan Model Discovery learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas V MIN 4 Ponorogo yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling Teknik penumpulan data yang digunakan merupakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan merupakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Paired T Tes dan Uji Independent T Tes.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikan ∝ = 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikan ∝ = 0,05. (3) Berdasarkan hasil Uji Independent T Tes menunjukkan perbedaan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan Project Based Learning lebih baik di bandingkan dengan yang menggunakan Discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:23
Last Modified: 12 Jul 2024 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item