Safitri, Ade Devia (2024) Peranan Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
206200001_ADE DEVIA SAFITRI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Siswa di sebuah lembaga pendidikan memiliki perananan yang sangat penting. Karena siswa adalah suatu objek utama dalam pembelajaran. Bahkan tidak hanya dalam proses belajar dan mengajarnya saja, siswa juga merupakan salah satu sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan yang harus mengembangkan minat dan juga bakatnya untuk pembentukkan prestasi akademik dan juga Non-akademiknya. Dalam hal peningkatan prestasi akademik dan juga non-akademik, sangat diperlukan manajemen kesiswaan yang baik, agar siswa dapat terlayani, mengembangkan bakat dan berbuat apa saja yang diinginkan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik; (2) Pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik; dan (3) Dampak kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa, guru, pembina, waka kesiswaan serta bapak kepala sekolah di MA Darul Huda Mayak. Data hasil penelitian kemudian dianalisis diolah menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data dilakukan melalui pengecekan prosedur trianguasi sumber data dan teknik.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan kesiswaan dilaksanakan pada setiap awal tahun. Melalui kegiatan rapat, membahas terkait apa yang dibutuhkan untuk mensuksesskan berjalannya kegiatan non akademik ini. Mulai dari penerimaan sampai dengan kelulusan siswa serta juga pemilihan pembina yang dapat mendampingi kegiatn ini dengan baik. (2) Pelaksanaan kesiswaan yaitu dilaksanakan diluar jam pelajaran yaitu hari jum’at dan juga hari sabtu. Pelaksanaan pembinaan ini diawali dengan memberikan sosialisasi kepada siswa lalu diarahkan untuk melakukan seleksi berupa tes, penerimaan peserta, selanjutnya memberikan kelas khusus untuk pembinaan sesuai bakat dan minat siswa. (3) Dampak kesiswan ini yaitu dapat memberikan pengalaman serta bertambahnya juga wawasan mereka. Dengan adanya kegiatan ini juga siswa dapat belajar bagaiamana bersosialisasi, bahkan mereka juga dapat mengembangkan kreativitas, dan bakatnya sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan untuk dampak negatif yang dialami oleh madrasah sendiri khususnya yang dirasakan oleh para siswa yakni hanyalah terkait dengan adanya cidera fisik dalam latihan intensif yang berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:42 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29814 |
Actions (login required)
View Item |