Korelasi Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV MI Ma'arif Setono

Latifah, Zahra (2024) Korelasi Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV MI Ma'arif Setono. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DUMMY FIX new.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis karangan narasi adalah kompetensi dasar yang diajarkan pada kelas IV MI Ma’arif Setono. Pada materi tersebut siswa dituntut untuk menulis dengan kaidah penulisan yang benar dan dapat mengembangkan cerita dengan menarik. Membaca merupakan kegiatan yang banyak memiliki manfaat, salah satunya memperbanyak kosa kata gaya bahasa. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian korelasi minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi.
Peneltian ini membahas tentang korelasi minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di MI Ma’arif Setono. Adapun tujuan dari penelitian yaitu sebagai berikut : 1) Mengetahui minat membaca siswa kelas IV MI Ma’arif Setono, 2) Mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Ma’arif Setono, 3) Mengetahui korelasi minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Ma’arif Setono. Untuk menentukan kategori dari minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi siswa, peneliti menggunaka rumus penentuan kategori. Hasil dari rumus penentuan kategori akan diakumulasi frekeunsinya menjadi persentasi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan mencari korelasi. Dalam penelitian ini terdapat 25 responden. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data tes dan angket. Dalam mengukur minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan tabel kategori. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus Product Moment dan uji reabilitas menggunakan Alpha. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, dan uji korelasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) minat membaca siswa pada kategori baik, yaitu sebesar 44%, 2) keterampilan menulis karangan narasi siswa berada pada kategori baik dan cukup, yaitu sebesar 40%, 3) hasil analisis korelasi menggunakan Product Moment diperoleh rhitung sebesar 0,811 dan rtabel 0,396. Hasil yang telah dipaparkan menunjukan bawa rhitung > rtabel dengan hubungan sebesar 65,77%, hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di MI Ma’arif Setono.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:41
Last Modified: 11 Jul 2024 05:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item View Item