KHOLISATIN, SITI (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS QUICK APP NINJA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI RUKHSAH SISWA DI SMPN 1 SAWO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200399_SITI KHOLISATIN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi semakin pesat. Inovasi
terus menerus mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Dari
revolusi internet hingga kecerdasan buatan, teknologi telah mengubah hampir
setiap aspek kehidupan manusia. Seperti contoh proses pembelajaran saat ini
selayaknya disertai dengan pemanfaatan teknologi seperti menggunakan media
pembelajaran yang lebih variatif. Dalam Proses pembelajaran hanya menggunakan
metode ceramah dan diskusi yang masih terkesan monoton situasi pembelajaran
berjalan pasif dan siswa hanya menerima materi, sehingga menyebabkan siswa
jenuh dan kurang memahami mata pelajaran. Media pembelajaran berbasis Android
dikembangkan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan proses
pembelajaran lebih efektif. Kebutuhan media pembelajaran berbasis Android
didasarkan pada kenyataan bahwa belum ada media pembelajaran interaktif dan
menarik yang digunakan dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) kelas
VII di SMP Negeri 1 Sawo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Desain media pembelajaran
dari aplikasi edukasi Quick App Ninja, (2) Uji produk kepada validator tentang
media game edukasi dalam pembelajran, (3) Efektivitas game edukasi dalam
pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan
melakukan beberapa Langkah dari model penelitian ADDIE. Produk yang
dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen IAIN
Ponorogo dan 1 guru PAI SMP Negeri 1 Sawo. Subjek pengambilan data siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Sawo. Instrument penelitian berupa lembar validasi dan
tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain dari produk media
pembelajaran Quick App Ninja dinyatakan menarik dan mudah digunakan setelah
diujikan. (2) Produk media pembelajaran Quick App Ninja dinyatakan valid dengan
perbaikan atau revisi. Quick App Ninja telah mencapai kriteria sesuai dengan uji
Presentase Penilaian Validator (PPV) dengan menggunakan rumus PPV diperoleh
hasil sebesar 93,3% untuk validasi materi dan 100% untuk validasi media sehingga
dapat disimpulkan bahwa game edukasi layak untuk digunakan. (3) Game edukasi
Quick App Ninja efektif digunakan dalam pembelajaran. Pada hasil uji Paired T
Test signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,002 dan hasil uji N Gain memperoleh
nilai rata-rata sebesar 0,5000 yang menyatakan efektivitas media pembelajaran
dikategorikan sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29806 |
Actions (login required)
View Item |