Fitriani, Hesti Nur (2024) Nilai Moral Dalam Film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo Dan Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Abad 21 Bagi Siswa SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210617111 HESTI NUR FITRIANI SKRIPSI UPLOAD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nilai moral dan karakter anak mengalami kemerosotan yang diakibatkan
oleh perkembangan di era sekarang ini. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu
adanya penanaman nilai moral dan karakter sejak dini di lingkungan anak, baik di
rumah maupun di sekolah. Penanaman moral dan karakter dapat dilakukan dengan
menggunakan media film. Film yang mendidik dan menginspirasi anak sehingga
dapat memberi contoh yang baik. Berdasarkan pengamatan awal penulis film Anak
Negeri: Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo banyak mengandung nilai moral dan
karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat
dalam film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo, dan menjelaskan
relevansi nilai moral yang terdapat dalam film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil
Ganjar Pranowo dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) Abad 21 bagi siswa
SD/MI.
Data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian
kepustakaan (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah
film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo dan sumber data sekunder
berupa buku, jurnal dan artikel yang sesuai dengan fokus penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu literer atau dokumenter. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral yang terdapat dalam
film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo adalah religius, kejujuran,
empati, memperhatikan dan merawat orang lain, menghargai orang lain, dan
interaksi sosial. Relevansi nilai moral dalam film Anak Negeri: Kisah Masa Kecil
Ganjar Pranowo dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Abad 21 bagi siswa
SD/MI antara lain yaitu, a) Nilai religius dengan nilai religius PPK Abad 21. Nilai
ini sudah jelas memiliki relevansi karena sama-sama menggambarkan nilai religius,
seperti berdoa dan menunaikan ibadah sholat. b) Nilai empati dengan nilai gotong
royong PPK Abad 21. Nilai ini saling memiliki relevansi karena nilai empati
terdapat dalam sub nilai gotong royong. c) Nilai kejujuran dengan nilai integritas
PPK Abad 21. Nilai ini saling memiliki relevansi karena nilai kejujuran terdapat
dalam sub nilai integritas PPK Abad 21.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lukman Hakim, M.Pd. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29790 |
Actions (login required)
View Item |