Sari, Putri Dwiyanti (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. KESULITAN MEMBACA TEKS PUISI KELAS VI MI MUHAMMADIYAH DOLOPO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203190179_Sari Putri Dwiyanti_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan satu hal yang penting dalam proses pembelajaran, termasuk di dalamnya membaca puisi. Kegiatan membaca puisi sangatlah penting dikenalkan kepada anak sejak dini, bahkan sejak usia sekolah dasar. Kegiatan membaca puisi dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi dengan baik. Namun, banyak siswa yang masih kesulitan dalam membaca puisi salah satunya siswa MI Muhammadiyah Dolopo. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan membaca puisi, yaitu kurangnya motivasi, keterampilan membaca yang kurang, dan kurangnya pemahaman konsep pembacaan teks puisi. Oleh karena itu, diperlukan untuk pemahaman terkait masalah kesulitan membaca teks puisi pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Dolopo tahun ajaran 2022/2023 dan mencari solusi untuk mengatasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kesulitan membaca teks puisi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Dolopo, (2) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca teks puisi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Dolopo, dan (3) menemukan solusi untuk mengatasi kesulitan membaca teks puisi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Dolopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dibaca, dipelajari, ditelaah, kemudian reduksi data disusun dalam satuan-satuan, dikategorisasikan, dan diadakan pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan 5 langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, kondensasi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan membaca puisi siswa kelas VI MI Muhammadiyah bervariasi berdasarkan karakteristik siswa seperti kurangnya percaya diri, dan ketidakmampuan dalam intonasi, gestur, serta artikulasi yang menyebabkan kesulitan dalam menghayati dan mengekspresikan saat membaca puisi. (2) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca puisi, yaitu faktor intelektual, faktor lingkungan, yaitu kurangnya dukungan dari keluarga terutama kedua orang tua, faktor psikologis yang meliputi motivasi dan minat serta bahan bacaan. (3) Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membaca puisi pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Dolopo, yaitu guru kelas lebih memprioritaskan dan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membaca teks puisi, guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menjalin hubungan kerjasama yang baik antara guru kelas dan orang tua, melatih siswa secara intensif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29787 |
Actions (login required)
View Item |