Implementasi Program Kelas Unggulan Melalui Tahfidzul Qur'an di MTs Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo

Jannah, Riesma Nesya 'Ainul (2024) Implementasi Program Kelas Unggulan Melalui Tahfidzul Qur'an di MTs Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190233_RIESMA NESYA 'AINUL JANNAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jannah, Riesma Nesya ‘Ainul. 2024. Implementasi Program Kelas Unggulan Melalui Tahfidzul Qur’an di Mts Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci : Program, Kelas Unggulan, dan Tahfidz Al-Qur’an.
Lembaga pendidikan merupakan salah satu pencetak generasi yang berilmu dan berkarakter dengan berbagai fasilitas serta program pendidikan yang diberikan kepada siswa. Salah satu lembaga pendidikan yakni MTs Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo, dalam membentuk serta meningkatkan hafalan peserta didik ini MTs Al-Mukarrom mendirikan program kelas unggulan tahfidz Qur’an. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang pelaksanaan program kelas unggulan tahfidz qur’an serta implikasi bagi para siswanya terkait hafalan \ para peserta didik. Peneliti tertarik untuk meneliti hal ini karena dengan program yang diberikan dari lembaga pendidikan lain disekitaran lembaga tersebut yakni satu-satunya lembaga yang membuat program kelas unggulan tahfidz Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana pengelolaan program kelas unggulan melalui tahfidzul Qur’an di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi program kelas unggulan melalui tahfidzul Qur’an di di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo; dan (3) menganalisis implikasi program kelas unggulan tahfidzul Qur’an di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang memfokuskan pada suatu permasalahan berdasarkan fakta yang terjadi dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah teknik dari Miles, Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dalam penelitian yaitu triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) Dalam pengelolaan program kelas unggulan tahfidzul terdapat empat tahapan yakni pertama, perencanaan dimana dengan menentukan tujuan program, menentukan target hafalan, menentukan guru tahfidz. Kedua, pengorganisasian dengan membentuk struktur kepengurusan. Ketiga, pelaksanaan program yang dimana program ini dilaksanakan satu minggu sekali pada hari jum’at, di kelas 7, 8, dan 9 unggulan, dan di dampingi oleh koordinator tahfidz. Terakhir adalah pengawasan dengan cara guru memantau dari segi hafalan dan muroja’ahnya, jika ada ayat yang salah maka langsung di benarkan. Dan evaluasinya langsung dari guru tahfidz dan oordinator dinilai dari tes tahsin dan murojaah hafalannya. (2) Faktor pendukung: pendidik yang profesional, sistem pembelajaran yang baik mengggunakan metode ummi, serta lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: malas, sarana dan prasarana masih kurang. (3) Program kelas unggulan tahfidz memiliki implikasi terhadap peserta didik di MTs Al-Mukarrom Ponorogo. Dalam program unggulan ini hafalan siswa meningkat, yang mana hafalannya melebihi batas yang ditentukan madrasah. Prestasi akademiknya juga meningkat guna syarat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Hal ini bisa dilihat bahwa siswa yang mengikuti kelas unggulan tahfidz ini banyak yang mengikuti lomba tahfidz di tingkat kabupaten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:06
Last Modified: 11 Jul 2024 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29757

Actions (login required)

View Item View Item