Sa'diyah, Yushima Ifatus (2024) Peran Guru PAI dalam Menguatkan Moderasi Beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200429_YUSHIMA IFATUS SA'DIYAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sa’diyah, Yushima Ifatus. 2024. Peran Guru PAI dalam Menguatkan Moderasi Beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pedidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci :Peran guru PAI, moderasi beragama
Indonesia, negara beragam budaya dan agama, menghadapi masalah intoleransi remaja. Pemerintah mencanangkan moderasi beragama untuk mempromosikan kerukunan. Guru PAI berperan penting menanamkan sikap ini sejak dini. Di SMK PGRI 2 Ponorogo, dengan 9 siswa non-muslim dari 1000 lebih Muslim, tidak ada diskriminasi. Siswa non-muslim bahkan mengenakan atribut Islam dan diberi kebebasan dalam pelajaran PAI. Hal ini mencerminkan upaya sekolah mencapai keharmonisan, mendorong peneliti mengkaji peran guru PAI menguatkan moderasi beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskrpsikan peran guru PAI sebagai educator dalam menguatkan moderasi beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) Mendeskrpsikan peran guru PAI sebagai leader dalam menguatkan moderasi beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo. (3) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai evaluator dalam menguatkan moderasi beragama di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menerapkan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai educator, leader, dan evaluator, Guru PAI berupaya menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai perbedaan.Sebagai educator, Guru PAI menerapkan kebiasaan menyapa dan berkomunikasi dengan bahasa yang ramah kepada semua siswa tanpa membedakan agama, menjadi teladan dalam menjalankan ibadah, dan memberikan nasehat tanpa memaksakan agama. Dalam pengajarannya, mereka memberikan peringatan dan pilihan keluar kelas bagi non-Muslim saat pembahasan materi yang sensitif. Sebagai leader, Guru PAI membudayakan pengamalan ajaran Islam melalui kegiatan keagamaan dengan mengajak tanpa paksaan dan melibatkan non-Muslim sebagai pengamat. Sebagai evaluator, Guru PAI menjalin kerja sama dengan pemuka agama lain dalam menyusun tugas dan penilaian bagi non-Muslim, memberikan umpan balik yang adil, dan memberikan remidi bagi yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29706 |
Actions (login required)
View Item |