Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo

Ramadhan, Muhammad (2024) Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_206200120_Muh_Ramadhan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://etheses.iainponorogo.ac.id/

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di madrasah tidak hanya melibatkan aspek akademik, tetapi juga aspek keagamaan, moral, dan sosial. Diperlukan pendekatan yang holistik dan terpadu untuk memastikan bahwa peserta didik menerima pendidikan yang berkualitas sesuai dengan prinsip-prinsip agama serta standar pendidikan nasional.

Adapun tujuan dari penbelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Terpadu Hudatul MunaPonorogo, Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo, untuk mengetahui evaluasi kurikulum merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo.

Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo. Sumber data ada dua yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis mengikuti langkah Miles dan Michel Huberman. Dalam penelitian kali ini teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik uji kreadibilitas dengan cara teknik triangulasi. Dalam tahap kualitatif ini menunjukkan ada tiga tahap yaitu tahap pra lapangan, lapangan, dan analsisis data.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) perencanaan MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo menerapkan Kurikulum merdeka di tunjukkan dengan pedoman Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan (KOSP), penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). 2) Pelaksanaan yang dilakukan ada beberapa hal yaitu pilot projet pengembangan peserta didik yaitu terkait daur ulang sampah, pelatihan diklat dan model pembelajaran kelas sesuai dengan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’Alamin (P5P2R2). 3) Evaluasi yang dilakukan oleh MTs Terpadu Hudatul Muna Ponorogo ada rapat mingguan dan bulanan oleh pendidik dan tenaga pendidik yang meliputi pembahasan metode pembelajaran guru, penilaian assesment dan proyek daur ulang sampah terhadap pengembangan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:05
Last Modified: 10 Jul 2024 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item