Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 1 Nglayang Jenangan Ponorogo

Novitasari, Mageti (2024) Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 1 Nglayang Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203200192_Mageti Novitasari_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan kemampuan menggunakan bahasa untuk mengungkapkan gagasan, ide, pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Tulisan yang baik adalah hasil dari proses yang panjang melalui ketekunan dan konsistensi. Karangan terdapat lima jenis salah satunya yaitu karangan narasi. Karangan narasi merupakan karangan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, dan merangkaikan perbuatan manusia dalam suatu kejadian secara kronologis. Bercerita dapat berupa faktual atau imajinatif. Dalam penulisan narasi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu unsur, struktur, kebahasaan, pilihan kata, ejaan dan tanda baca. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV di SDN 1 Nglayang Jenangan Ponorogo didapatkan hasil informasi bahwa siswa kelas IV merupakan siswa yang mengalami pembelajaran daring ketika duduk di bangku kelas 1 pada tahun 2020/2021 karena peristiwa pandemi covid 19. Peristiwa pandemi covid 19 tersebut mengakibatkan siswa kurang terlatih dalam kegiatan menulis sehingga siswa kurang terampil dalam menulis sebuah narasi ketika duduk di bangku kelas IV.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis narasi siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana. Analisis data yang digunakan terdiri atas tiga alur, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN 1 Nglayang Jenangan Ponorogo rata-rata memiliki keterampilan menulis karangan narasi masih kurang. Hal tersebut ditinjau dari unsur, struktur, kebahasaan, pilihan kata, ejaan dan tanda baca dengan kriteria hasil keterampilan masih kurang. Faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis narasi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor psikologis dan faktor teknik. Faktor eksternal meliputi guru, fasilitas dan lingkungan.

Kata Kunci : Keterampilan, Menulis, Narasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:55
Last Modified: 10 Jul 2024 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29687

Actions (login required)

View Item View Item