Implementasi Program Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo

Arnanda, Niko Septa (2024) Implementasi Program Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
505220021_NIKO SEPTA ARNANDA_MAGISTER PENDIDIKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter religius adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan moralitas dalam diri seseorang. Melalui pendidikan karakter religius, individu diajarkan untuk memahami, menghormati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter yang kuat, berintegritas, dan bertanggung jawab, serta mendorong perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Namun tidak dapat dipungkiri banyak terjadi pada kalangan pelajar yang menunjukkan pergaulan bebas dan perilaku tidak sesuai dengan karakter yang Islami. Oleh sebab itu perlu adanya penanganan khusus untuk meminimalisir perbuatan menyimpang tersebut. SMK PGRI Somoroto Ponorogo dengan program keagamaannya berkomitmen tinggi untuk membentuk karakter religius siswanya dengan banyaknya pembiasaan jenis kegiatan keagamaan yang ada disana yang termanajemen dengan baik sebagai metode pembentukan agar para siswa tidak terjerumus dalam pergaualan bebas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dengan cara membandingkan hasil data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi pengembangan, pelaksanaan, dan implikasi program kagamaan. Sementara untuk teknik analisa datanya menggunakan Miles Huberman dan Saldana dengan tahapan yaitu, pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan (1) metode pembentukan karakter religius siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo; (2) strategi pengembangan program keagamaan di SMK PGRI Somoroto Ponorogo; dan (3) Implikasi dari program keagamaan dalam membentuk lima dimensi karakter religius dalam diri siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo.
Dari penelitian ini telah ditemukan bahwa (1) Metode pembentukan karakter religius siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo antara lain yaitu metode pemahaman melalui kegiatan kajian kitab Ta’lim Muta’alim dan Pesantren Kilat, metode keteladanan oleh guru, dan metode pembiasaan melalui kegiatan program tahfidz dan sholat berjamaah.; (2) Strategi pengembangan program keagamaan yang ada di SMK PGRI Somoroto yaitu Sholat Berjamaah, Program Tahfidz, Kajian Kitab Ta’lim Muta’allim, Doa bersama, Pesantren Kilat, dan Pengabdian Masyarakat; (3) Program keagamaan yang dilaksanakan telah berimplikasi atau berdampak pada pembentukan lima dimensi karakter religius siswa yang tercermin dimana siswa telah melaksankan sholat dengan tertib, baik, dan khusyuk, siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, tidak adanya bullying atau perundungan yang terjadi di sekolah, siswa menunjukkan sikap sopan santun, jujur, toleransi, dan menghormati orang lain, serta siswa menunjukkan sifat cinta lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif Miftahul Huda
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:48
Last Modified: 10 Jul 2024 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item