UPAYA GURU PAI DALAM PENANGGULANGAN SIKAP EKSKLUSIVISME DI KALANGAN SISWA SMA BAKTI PONOROGO

Khasanah, Uswatun (2024) UPAYA GURU PAI DALAM PENANGGULANGAN SIKAP EKSKLUSIVISME DI KALANGAN SISWA SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200195_Uswatun Khasanah_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru PAI di sekolah menjadi suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Hal itu tidak hanya dalam mengajarkan ilmu saja melainkan juga pembentukan karakter serta mampu mengatasi sikap peserta didik yang berasal dari pengaruh luar. Akibat dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat menyebabkan peserta didik mulai kehilangan jati dirinya dan menganggap bisa tanpa bantuan dari orang lain yang merupakan ciri-ciri dari sikap eksklusivisme sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Guru PAI dalam penanggulangan sikap eksklusivisme di kalangan siswa dan sikap eksklusivisme siswa melalui penerapan active learning dan poster comment di SMA Bakti Ponorogo.
Dalam menjelaskan upaya guru sebagai pendidik, motivator, dan pengarah, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, Guru PAI, dan 10 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya Guru PAI di SMA Bakti Ponorogo menggunakan metode pembelajaran aktif (active learning) dan komentar poster (poster comment) untuk mengatasi sikap eksklusivisme di kalangan siswa, dengan pendekatan yang didasarkan pada teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Pendekatan ini melibatkan tiga prinsip utama: mind, self, dan society, serta empat tahapan: impuls, persepsi, manipulasi, dan konsumsi. Strategi ini tidak hanya menyampaikan materi pelajaran tetapi juga mendorong interaksi, diskusi, dan refleksi nilai-nilai sosial dan inklusivitas. Dampak positif dari upaya ini terlihat dalam peningkatan sikap inklusif siswa, yang menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan, lebih aktif dalam kegiatan sosial, dan lebih menghargai keragaman, sehingga siswa dapat mengembangkan sikap yang lebih inklusif dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abu Muslim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:55
Last Modified: 09 Jul 2024 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item