Lestari, Titik (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB-B PERTIWI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190468_TITIK LESTARI_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lestari, Titik. 2024. Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Berkebutuhan Khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M. Pd.
Kata kunci: Peran guru, karakter religius, siswa berkebutuhan khusus.
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menanamkan, mentransformasikan, dan menumbuh kembangkan karakter positif siswa salah satunya yakni karakter religius. Pendidikan karakter religius juga sangat dibutuhkan oleh siswa berkebutuhan khusus agar nantinya mereka memiliki kepribadian dan perilaku sesuai dengan norma-norma agama, dapat hidup berdampingan dengan masyarakat serta mampu mencapai kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat. Di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo sendiri dalam menanamkan karakter religius siswa berkebutuhan khusus terdapat peran penting guru PAI. Yang mana pada penelitian ini dibatasi hanya akan membahas mengenai peran guru PAI sebagai pembimbing, sebagai model dan sebagai motivator.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius siswa berkebutuhan khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo; (2) Peran guru PAI sebagai model dalam menanamkan karakter religius siswa berkebutuhan khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo; dan (3) Peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan karakter religius siswa berkebutuhan khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Dimana narasumbernya berasal dari Kepala Sekolah, Guru PAI bagian kesiswaan dan siswa berkebutuhan khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa Guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan karakter religius Siddiq, Fatonah, Amanah dan Tabligh pada siswa berkebutuhan khusus di SMPLB-B Pertiwi Ponorogo. Peran tersebut yakni 1) Sebagai Pembimbing guru PAI mengajar di dalam kelas dan mendampingi dalam prakter ibadah dengan penuh kasih sayang, sabar dan telaten mengulang-ulang materi, menyampaikan materi dengan metode Tarikh/ kisah, mengadakan ekstrakurikuler keagamaan dan kegiatan pembiasaan religius, menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid terkait penilaian dan perbaikan karakter religius siswa. 2). Sebagai Model guru PAI berperilaku religius Siddiq, Fatonah, Amanah dan Tabligh di sekolah, berusaha akrab dan mempengaruhi siswa agar percaya dan menjadikan guru PAI sebagai teladan. 3). Sebaagi Motivator guru PAI mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur ingat dan taat kepada Allah SWT, mengaitkan tujuan belajar dengan ajaran agama Islam, memberikan pujian dan hadiah kecil agar siswa semakin semangat belajar, mengadakan grup kerjasama antar siswa seperti diskusi, kerjabakti dan penggalangan dana serta mengadakakan persaingan antar siswa yakni lomba keagamaan dan kuis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Arif Rahman Hakim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29674 |
Actions (login required)
View Item |