PERAN GURU IPS DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO

ISNANI, KHOIRIAH (2024) PERAN GURU IPS DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESES SKRIPSI ISNANI KHOIRIAH 208200071 TADRIS IPS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriah, Isnani. 2024. Peran Guru IPS dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya, M.Ed.

Kata Kunci: Peran Guru, Bullying, Siswa

Bullying merupakan masalah sosial yang menjadi problematika yang sering terjadi di sekolah, mirisnya bullying dilakukan oleh anak menuju remaja. Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) mencatat sebanyak 50% kasus bullying paling banyak terjadi dijenjang SMP dan Indonesia menduduki peringkat lima besar dunia diberbagai kasus kekerasan anak. Melalui data paparkan menunjukan bahwa banyaknya bullying yang terjadi perlu mendapatkan perhatian khusus. Perilaku bullying dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Bullying verbal berupa pernyataan yang bernuansa perkataan bertujuan menghina, mencela dan keritikan kejam. Bullying fisik penindasan yang dilakukan melalui kekerasan secara fisik berupa, menendang, menyikut dan mendorong. Bullying relasional pelemahan harga diri melalui tindakan pengabaian berupa mengucilkan. Untuk menimalisir terjadinya bullying maka diperlukan peran guru IPS dalam menangani, karena guru IPS sebagai transfer ilmu sosial berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru IPS dalam menangani perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2023/2024; (2) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2023/2024; (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam menangani perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data ada dua primer dan sekunder. Jumlah informan dalam penelitian ada enam yang terdiri dari empat guru dan dua siswa. Teknis analisis data yaitu Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, ditemukan: (1) Peran guru IPS dalam menangani bullying siswa kelas VIII adalah sebagai motivator yaitu nasihat dan teladan, mediator yaitu penengah dan pelindung, organisator yaitu layanan dan edukasi dan director yaitu solusi dan keputusan; (2) Bentuk bullying siswa kelas VIII yaitu bullying verbal seperti menghina, berkata kotor, membuat julukan nama yang tidak pantas dan memanggil teman dengan nama orang tua. Bullying fisik seperti menjegal kaki, menampar, menyikut, melempar benda yang keras dan menarik jilbab.. Bullying relasional seperti tidak bertegur sapa, memandang dengan sinis dan mengucilkan dari kelompok tertentu; (3) Faktor pendukung guru IPS dalam menangani perilaku bullying siswa kelas VIII adalah bimbingan dan kontribusi dari para guru, mata pelajaran IPS yang kaya akan ilmu sosial dan tersedianya sarana seperti kegiatan sosialisasi dan prasarana seperti pemasangan poster. Sedangkan penghambat guru IPS dalam menangani perilaku bullying siswa kelas VIII adalah kondisi siswa yang labil, mudah emosi, pengaruh dari teknologi atau media sosial dan karakter yang terbentuk dari lingkungan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SITI ZAZAK SORAYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:28
Last Modified: 09 Jul 2024 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29669

Actions (login required)

View Item View Item