Awaliya, Ruli (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200098 RULI AWALIYA PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting dalam
perkembangan ilmu dan teknologi. Meskipun memiliki kedudukan yang penting,
namun fakta di lapangan pembelajaran matematika masih banyak kendala. Seperti
halnya yang terdapat pada pelajaran matematika kelas III MIN 7 Magetan, ada
beberapa kendala yang dihadapi saat melaksanakan pembelajaran khususnya pada
materi mengenal sudut. Sebagian besar siswa kesulitan dalam mengerjakan soal
yang berhubungan dengan sudut, siwa kurang memahami materi sudut ketika
sudut diletakkan dalam posisi yang berbeda, siswa lebih cepat lupa materi karena
pemahaman matematis yang kurang. Selain itu, penggunaan media maupun alat
peraga juga kurang optimal. Penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran
matematika yang masih menggunakan model konvensional, dimana kurang efektif
dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk media animasi
dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) berbasis
aplikasi canva untuk meningkatkan pemhaman matematis 2) Mengetahui apakah
ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media animasi dengan
pendekatan PMRI.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and
Development (R&D) yang meliputi tahap ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penentuan tingkat kelayakan media
animasi dengan pendekatan PMRI berdasarkan uji validasi ahli media, ahli materi
dan diterapkan pada kelas III MIN 7 Magetan. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan tes/soal. Pengujian menggunakan uji
paired sample t-test pada subjek uji coba kelas III dengan responden 21 siswa.
Hasil penelitian ini berupa produk pengembangan media animasi dengan
pendekatan PMRI berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman
matematis. Pemahaman matematis sebelum menggunakan media (pre tes) dan
sesudah menggunakan media (post tes) diperoleh nilai perbandingannya sebesar
43 dan 80,7 yang artinya pemahaman matematis siswa meningkat 37,7%.
Sehingga terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah
digunakannya media animasi dengan pendekatan PMRI. Jadi, media animasi
dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas
III MIN 7 Magetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 03:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29641 |
Actions (login required)
View Item |