..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi Digital dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI DI SMK Pembangunan Pacitan

Umah, Wardatul (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi Digital dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI DI SMK Pembangunan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200421_SKRIPSI WARDATUL UMMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Umah, Wardatul, 2024, Pengaruh Literasi Digital dan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr.Sugiyar, M.Pd.I.

Kata Kunci: Literasi Digital, Peran Guru, Hasil Belajar

Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri termasuk proses untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Dalam kegiatan pembelajaran, biasanya guru menetapkan tujuan belajar. Berdasarkan data diperoleh ditemukan bahwa hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih terbilang rendah. Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa ini tentu perlu segera diatasi mengingat pembelajaran Pendidikan Agama Islam penting bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. (2) Pengaruh peran guru terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. (3) Pengaruh literasi digital dan peran guru terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan penelitian ex post facto, yang mana datanya berupa angka-angka. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas XI yang berjumlah 115 siswa. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 90 siswa. Teknik sampling yang terdapat pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling sedangkan pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan tahap analisis data ditemukan bahwa (1) literasi digital berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. Adapun nilai koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,198. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel literasi digital (X1) mempunyai konstribusi sebesar 19,8% terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan (Y). (2) peran guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. Adapun nilai koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,366. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel peran guru (X2) mempunyai konstribusi sebesar 36,6% terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan (Y). (3) literasi digital dan peran guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan. Adapun nilai koefisien determinasi R square (R2) yakni sebesar yakni sebesar 0,395. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel literasi digital (X1) dan peran guru (X2) tidak mempunyai pengaruh sebesar 39,5% terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMK Pembangunan Pacitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:53
Last Modified: 08 Jul 2024 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29637

Actions (login required)

View Item View Item