Fuadah, Shofiyyatul (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa di SMPN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E THESIS SHOFIYYATUL FUADAH_206200147.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fuadah, Shofiyyatul. 2024. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa di SMPN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dian Pratiwi, S.E., M.M.
Kata Kunci : Kualitas Layanan Pendidikan dan Kepuasan Siswa
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dia terima dibandingkan dengan harapannya. Kepuasan pelanggan adalah bentuk persepsi tentang kualitas produk dan jasa yang diberikan, tingkat kepuasan pelanggan didasarkan atas lima dimensi : reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan siwa di SMPN 4 Ponorogo. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasaan siswa di SMPN 4 Ponorogo, dengan menggunkan lima dimensi kualitas layanan pendidikan yaitu yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 4 Ponorogo, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dengan mengedepankan beberapa kriteria pemilihan, sampel yang didapatkan adalah 33 responden dari banyak nya populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui seberapa berpengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan siswa di SMPN 4 Ponorogo yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible.
Tanggapan responden mengenai kualitas layanan pendidikan di SMPN 4 Ponorogo dinilai sangant baik. Kemudian siswa di SMPN 4 Ponorogo merasa puas dengan layanan pendidikan yang didapat. Secara masing-masing dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible memiliki pengaruh terhadap kepuasan siswa. Secara bersama-sama kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan siswa berpengaruh signifikan. Kualitas layanan pendidikan mempunyai pengaruh 79,9% sedangakn 20,1% merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dian Pratiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 03:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29635 |
Actions (login required)
View Item |