Shoimatur Rahmah, Bunga (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ECOLITERACY PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
IMPLEMENTASI KEGIATAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ECOLITERACY PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ecoliteracy merupakan kesadaran penuh terhadap lingkungan. Salah satu strategi untuk mengembangkan keterampilan ecoliteracy sendiri adalah dengan kegiatan yang berkaitan dengan peduli lingkungan yang diadakan di sekolah. SMP Negeri 1 Jetis merupakan sekolah adiwiyata tingkat nasional dan memiliki program kegiatan peduli lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada kesadaran siswa terhadap lingkungan.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan untuk mengembangkan keterampilan ecoliteracy siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. (2) untuk mengetahui bentuk kegiatan peduli lingkungan untuk mengembangkan keterampilan ecoliteracy pada siswa di SMP Negeri 1 Jetis. (3) untuk mengetahui dampak atau hasil kegiatan peduli lingkungan untuk mengembangkan keterampilan ecoliteracy siswa SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada Kepala Sekolah, Waka Sarpras, guru, dan siswa, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan (1) pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Jetis meliputi perencanaan visi dan misi yang berbasis lingkungan hidup selanjutnya mengelompokkan guru sesuai dengan bidangnya dan merumuskan kegiatan yang akan dilakukan, pelaksanaan kegiatan mulai dari pembiasaan setiap hari hingga kegiatan yang terjadwal dan pengawasan yang dilakukan langsung oleh guru, terakhir evaluasi yang dilaksanakan melalui FGD tim pelaksana dan pada akhir semester ketika rapat guru. (2) bentuk-bentuk kegiatan peduli lingkungan ini terdiri dari tujuh kegiatan. Mulai dari kegiatan piket kelas dilaksanakan setiap hari, Jum’at Berhati Santun, berkebun, pada pelaksanaan P5, diintegrasikan pada pembelajaran. (3) Dampak dari pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan mengembangkan keterampilan ecoliteracy siswa mulai dari membuang sampah pada tempatnya dengan memilah sebelum membuang, membawa alat makan minum untuk mengurangi sampah plastik, dan menggunakan air tidak berlebihan, menggunakan listrik sesuai prosedur dengan sendiri tanpa diperintah oleh guru. Dampak lain yang terlihat secara fisik adalah lingkungan sekolah yang terlihat asri, rindang, dan bersih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Arif Rahman Hakim, M.Pd. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:52 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:52 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29617 |
Actions (login required)
View Item |