Agnafaidatus Sholiha, Zein (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SMP Negeri 2 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMP NEGERI 2 SLAHUNG PONOROGO Zein Agna Faidatus Sholiha.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sholiha, Zein Agnafaidatus. 2024. Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Zazak Soraya. M.Ed.
Kata Kunci : Penerapan, Moderasi Beragama, Nilai-Nilai.
Indonesia, Negara beragam budaya dan agama, menghadapi masalah intoleransi di sekolah. Pemerintah mencanangkan moderasi beragama untuk mempromosikan kerukunan. Sekolah berperan penting dalam menanamkan sikap nilai-nilai moderasi beragama. Di SMPN 2 Slahung, dengan jumlah siswa Katholik 1 siswa dari 140 lebih siswa Muslim, terbilang tidak ada diskriminasi. Bahkan siswa Non-Muslim diberikan kebebasan untuk pelajaran PAI. Hal ini mencerminkan bahwa pihak sekolah berusaha mewujudkan keharmonisan di lingkungan sekolah, dan mendorong peneliti untuk mengkaji nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 2 Slahung.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama mulai dari bentuk moderasi beragama, (2) menjelaskan penerapan nilai-nilai moderasi beragama, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti menerapkan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana, yang terdiri dari kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berikut adalah kesimpulan dari penjelasan tersebut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Slahung berperan penting dalam memperkuat moderasi beragama di lingkungan sekolah yang multikultural. Tidak hanya guru PAI tetapi guru-guru yang lain pun juga berperan penting, sebagai pendidik mereka menunjukkan kualitas pribadi yang baik, menghargai perbedaan latar belakang siswa, serta bertanggung jawab dalam menyampaikan materi dengan tetap menghormati keyakinan siswa Non-Muslim. Dalam perannya, guru memberikan perlakuan cara menghormati keragaman, seperti melibatkan pendeta dalam pemberian tugas, melibatkan guru Katholik dan proses pembelajaran, meskipun masih terdapat kekurangan dalam hal pemberian umpan balik dan kegiatan remedial yang belum sepenuhnya komprehensif dan inklusif bagi semua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29616 |
Actions (login required)
View Item |