Pengaruh Self Efficacy Terhadap Terhadap Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Sesanti, Elma Kharisma Dyah Ayu (2023) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Terhadap Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ELMA KHARISMA DYAH AYU SESANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sesanti, Elma Kharisma Dyah Ayu, 2023. Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci : Self Efficacy, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Seseorang dengan self efficacy yang tinggi cenderung lebih percaya diri dan lebih mampu menyelesaikan tugas atau masalah yang dihadapinya. Penelitian ini dilandasi dari penemuan-penemuan masalah yang masih sering terjadi di dalam proses belajar mengajar dimana masih banyak peserta didik yang masih terlalu menggantungkan perintah dari guru dan kurang inisiatif saat mengikuti pembelajaran, adanya peserta didik yang kurang/tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya di depan kelas, masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas PR dan masih banyak siswa yang mencontek, serta masih banyak peserta didik yang mengandalkan temannya. Hal tersebut terjadi pada kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo. Permasalahan dalam peneltian ini, adalah adakah pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siwa kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo, dan (2) pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo.
Rancangan pada penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuisoner/angket sebagai populasinya siswa kelas VA dan VB SD Negeri 2 Tonatan Ponorogo berjumlah 39 siswa. Penelitian ini menggunakan total sampling dalam penentuan jumlah sampel. Data hasil penelitian kemudian diuji menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana dengan berbantu apalikasi IBM SPSS versi.25
Hasil penelitian ini adalah; 1) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, dengan besaran pengaruh sebesar 33,1% dan; 2) terdapat juga pengaruf self efficacy terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005, dengan besaran sumbangan pengaruh sebesar 29,1 %, sedangkan 70,9 % dipengariuhi faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:36
Last Modified: 11 Sep 2024 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item