Astuti, Yulia Dwi (2024) Analisis Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kauman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA-2-106.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka belajar adalah sebuah konsep pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sendiri program belajar yang diinginkan, menyesuaikan bakat, minat, dan potensi yang dimiliki peserta didik. Pada tahap implementasi kurikulum merdeka, sekolah harus memiliki kurikulum yang memandu bagaimana proses siswa dapat berkembang, berkualitas, berwawasan luas, berkompeten pemahaman dan berkarakter berdasarkan profil pelajar Pancasila. Untuk mengetahui permasalahan yang dialami guru, peneliti ini penting dan perlu diketehui lebih mengingat bahwa kurikulum merdeka ini adalah kurikulum baru yang perlu adaptasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Kauman. (2) problematika yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. (3) solusi yang ditentukan oleh guru untuk menyelesaikan problematika implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, dan wakasek kurikulum sekolah SMPN 1 Kauman. Dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oeh peneliti yaitu menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) implementasi kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kauman sudah berjalan cukup baik. (2) problematika yang muncul pada implementasi kurikulum merdeka terdapat permasalahan yang dialami guru, seperti pelaksanaan, perencanaan, dan penilaian pembelajaran. (3) solusi yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan problematika implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diantaranya memanfaatkan penggunaan dan platform digital, memperluas pengetahuan dari segi media, metode, dan strategi pembelajaran, aktif dalam komunitas belajar, sharing sesama guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29580 |
Actions (login required)
View Item |