Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo

Maharani, Siti Aizah (2024) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AIZAH MAHARANI 201200186.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maharani, Siti Aizah. 2024. Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Bustanul Yuliani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran guru, akhlak, kurikulum merdeka.

Saat ini banyak sekali pemerosotan moral dan akhlak yang terjadi di setiap zaman dikarenakan gaya hidup yang bertentangan dengan etika dan nilai agama yang dilakukan oleh remaja, seperti menurunnya tata krama dan etika moral dalam kehidupan sekolah dan masyarakat. Pendidikan sebagai sarana pembentukan moral bagi peserta didiknya, dalam hal itu peran guru sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan akhlak peserta didik melalui pembelajaran kurikulum merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi peran guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak melalui implementasi kurikulum merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo, (2) Mengetahui penghambat dan pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo, (3) Menemukan implikasi peran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak melalui implementasi kurikulum merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Kabupaten Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan metode deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sumber data primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari wawancara guru pendidikan agama islam dan siswa. Sedangkan sekunder diperolah dari buku, literatur dan kelompok objek yang diteliti. Adapun Teknik analisisnya, peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil Analisis dikemukakan bahwa (1) Penerapan Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes menunjukkan peran penting Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak yaitu Guru tidak sebatas mengajar melainkan sebagai teladan bagi siswanya hal-hal tersebut dalam optimalisasi peranya, Guru Akidah Akhlak melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, persuasif, dan metode kisah, guru berhasil mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam kurikulum merdeka sehingga siswa dapat menginternalisasi dan mengaplikasikan Akhlak dalam kehidupan sehari-hari. (2) Meskipun terdapat hambatan dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes seperti kurangnya pemahaman dan dukungan dari guru serta keterbatasan fasilitas prasarana, namun hal tersebut juga didukung oleh pendekatan yang sederhana namun mendalam dalam pengembangan peserta didik berbasis proses dan pengetahuan esensial. Seperti lingkungan sekolah yang memadai, guru, staf, dan orang tua menjadi faktor pendukung dalam pembentukan karakter. (3) Implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif pada peserta didik, terutama dalam pengembangan sikap berani, tanggung jawab, disiplin, dan kejujuran. Peserta didik dapat lebih percaya diri dan memiliki kemampuan untuk mengemukakan pendapat serta bertindak dengan tanggung jawab yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa peran guru akidah akhlak dalam membimbing akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Bustanul Yuliani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:17
Last Modified: 03 Jul 2024 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29579

Actions (login required)

View Item View Item