Wahid Tajudin, Yusuf Arsad (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peran Orang Tua dalam Memilihkan Sekolah Berbasis Agama Islam di MI Darul Falah Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201180467_YUSUF ARSAD WAHID TAJUDIN_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Arsad, Yusuf. 2024. Peran Orang Tua dalam Memilihkan Sekolah Berbasis Agama Islam di MI Darul Falah Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Numan Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Peran, Orang Tua, Sekolah Berbasis Islam, Pendidikan Agama.
Pendidikan adalah eksperimen tanpa akhir, selalu berkembang seiring kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kebudayaan dan peradaban, pendidikan harus terus maju. Di era teknologi dan informasi, pendidikan menjadi elemen vital dalam kehidupan sehari-hari. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan pendidikan yang baik, namun kesibukan mereka sering mengurangi perhatian dan bimbingan terhadap anak. Dengan kemajuan zaman dan teknologi, tantangan orang tua dalam memberikan pendidikan, terutama pendidikan agama, menjadi semakin berat. Penelitian ini berjudul "Peran Orang Tua Dalam Memilihkan Sekolah Berbasis Agama Islam di MI Darul Falah Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo".
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) peran orang tua dalam memilihkan sekolah berbasis Islam, (2) faktor-faktor penghambat yang dihadapi, (3) serta alasan yang mendasari keputusan tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar dan bukan angka, yang mana data diperoleh dari orang dan perilaku yang dapat diamati melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermen & Saldana yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Orang tua memainkan peran penting sebagai pendidik, motivator, dan fasilitator dalam proses pemilihan sekolah berbasis Islam. Sebagai pendidik, orang tua memastikan bahwa pendidikan agama di rumah dan sekolah selaras, memberikan pem,ahaman agama yang kokoh bagi anak-anak. Sebagai motivator, mereka menciptakan lingkungan yang mendukung nilai-nilai agama secara konsisten. Sebagai fasilitator, mereka memilih sekolah yang mampu menjaga konsistensi pendidikan agama baik di rumah maupun di sekolah. (2) Penelitian juga mengungkapkan beberapa faktor penghambat dalam pemilihan sekolah berbasis Islam, seperti kurangnya fasilitas ekstrakurikuler, kekhawatiran terkait keberagaman, dan ketidakseimbangan antara pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum. (3) Alasan utama orang tua dalam memilih sekolah berbasis Islam adalah untuk memastikan pendidikan agama dan moral yang kuat, menjaga konsistensi nilai-nilai agama antara rumah dan sekolah, serta menciptakan lingkungan inklusif yang menghormati keberagaman budaya dan agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Nu’man Hakiem |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 08:04 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 08:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29577 |
Actions (login required)
View Item |