..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-quran Peserta Didik Melalui Program Wajib Baca Tulis Al-quran di SMPN 1 Jetis Ponorogo

Ahlan, Rizaludin (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-quran Peserta Didik Melalui Program Wajib Baca Tulis Al-quran di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi rijaludin_064611.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ahlan, Rizaludin. 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Melalui Program Wajib Baca Tulis Al-Quran Di Smpn 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Agama Islam Fakultas tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ibu Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan, Baca Tulis Al-Qur’an
Peran guru Pendidikan Agaama Islam sangatlah penting dalam pernanannya apalagi ketika kita berbicara tentang peranan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para peserta didik. Tidak bisa dipungkiri masih banyak anak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam kesehariannya hal tersebut ada beberapa faktor salah satunya kurangnya guru dalam meningkatkan peranannya dalam mengajar siswa dalam membaca Al-Qur’an. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: Peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa siswinya di SMPN 1 Jetis. Memaparkan metode yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi SMPN 1 Jetis. Melihat faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Program wajib Baca Tulis Al-Qur’an di SMPN 1 Jetis
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif , jenis pendekatannya adalah penelitian lapangan atau Field Researh di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analis datanya menggunakan konsep Miles Dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: peranan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi SMPN 1 Jetis terbilang cukup berhasil, dengan peranan pemanfaatan peran guru sebagai motivator, evaluator dan pemanfaatan peranan lainnya menjadikan guru lebih bervariatif dalam mengajar serta membuat peserta didik lebih termotivasi dalam belajar Al-Qur’an. Metode yang digunakan guru untuk mengajar siswa siswi SMPN 1 Jetis berpengaruh signifikan terhadap peningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa siswi SMPN 1 Jetis, semula anak yang masih kategori bacaan iqro 1,2 atau 3 mulai beranjak kepada fase iqro’ 4,5,6 bahkan beranjak ke bacaan Al-Qur’an. Anak yang semula kurang fasih dalam bacaan Al-Qur’an mulai lancar tajwidnya serta Makharijul hurufnya. Faktor pendukung dalam kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an di SMPN 1 Jetis adalah adanya sarana prasana yang memadai serta mendukung serta pemanfaatan kompetensi guru dengan baik, dan faktor penghambatnya ialah perbedaan kemampuan baca Al-Qur’an siswa siswinya juga faktor latar belakang murid yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mugniatul ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:59
Last Modified: 02 Jul 2024 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29576

Actions (login required)

View Item View Item