Hermawan, Rahmat Indra (2024) Implementasi Metode Tartili Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Siraajul Ummah Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Rahmat Indra Hermawan_Skripsi A4 _removed_watermark.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Meningkatnya tantangan dalam literasi Al-Qur’an di kalangan pelajar menunjukkan perlunya metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif dalam membaca Al-Qur’an. masalah yang dihadapi di Pondok Pesantren Siraajul Ummah terkait kemampuan membaca Al-Qur'an adalah tingkat pemahaman dan penguasaan yang bervariasi di antara santri. Beberapa santri mungkin memiliki kesulitan dalam mengidentifikasi huruf-huruf
hijaiyah secara tepat, memahami makharijul huruf, atau menerapkan prinsip-prinsip tajwid
dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan metode tartili dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Siraajul Ummah Karangbahagia Bekasi, (2)mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode tartili, dan (3) mengevaluasi dampak metode tartili dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Siraajul Ummah Karangbahagia Bekasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) penelitian melibatkan eksplorasi langsung terhadap realitas kehidupan sosial masyarakat di Pondok Pesantren Siraajul Ummah. Data dikumpulkan melalui tindakan observasi, wawancara, dan dokumentasi di lapangan. Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles, Hubarman dan
Saldana yang meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode tartili ini menekankan pembacaan yang mengalir bukan sekadar mengeja kata per kata sehingga membantu santri mengucapkan dengan benar dan mengikuti aturan khusus. dengan alat peraga dan buku tartili melibatkan santri secara aktif, baik fisik, mental, intelektual, maupun emosional,
sehingga mereka dapat memperbaiki kesalahan sendiri dan memperkuat pemahaman tajwid. (2) Faktor pendukung seperti solidaritas pembelajaran, motivasi pengajar, dan penggunaan buku tartili sangat membantu, meski ada hambatan seperti manajemen waktu dan tempat duduk yang kurang teratur. (3) Implikasi dari metode tartili yang efektif dalam meningkatkan kelancaran dan ketepatan membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan kaidah makharijul huruf, sifatul huruf, dan tajwid yang digunakan di Pondok Pesantren Siraajul Ummah Karangbahagia Bekasi menunjukkan dampak positif signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dengan pelafalan yang lebih benar dan lancar, serta pemahaman tajwid yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mughniatul Ilma |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 05:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 05:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29573 |
Actions (login required)
View Item |