Supervisi Akademik Kepala Sekolah Melalui Pendekatan Non Directive Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 1 Mlarak

Sigit Kurnia, Niky (2024) Supervisi Akademik Kepala Sekolah Melalui Pendekatan Non Directive Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NIKY KURNIA SIGIT 206200124.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sigit Kurnia, Niky. 2024. Supervisi Akademik Kepala Sekolah Melalui
Pendekatan Non Directive dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 1
Mlarak. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Mumahammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pendekatan Non Directive, Kinerja Guru
Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah adalah sebuah usaha
penting dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan di Indonesia.
Strategi pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMPN 1
Mlarak adalah menggunakan pendekatan non directive kepada guru. Hal tersebut
dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui kebutuhan pengembangan
profesionalan serta motivasi sehingga berdampak pada peningkatan kualitas
kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1)
Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam menggunakan pendekatan
non directive dalam meningkatkan kinerja guru; (2) Faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas kinerja
guru; (3) Dampak supervisi akademik melalui pendekatan non directive dalam
meningkatkan kualitas kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus dengan hasil berupa deskriptif analisis berisi uraian naratif. Informan
pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru-guru yang menajdi tim
supervisi akademik di SMPN 1 Mlarak. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik yang digunakan
dalam analisis data sesuai dengan teori Miles, Huberman dan Saldanan yaitu
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan
pengecekan keabsahan dalam penelitian menggunakan tringulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi
akademik kepala sekolah melalui pendekatan non directive dalam meningkatkan
kinerja guru di SMPN 1 Mlarak dilakukan dengan tahap pra-observasi yaitu
melakukan pertemuan kepala sekolah dengan guru, dengan cara kepala sekolah
kunjungan kelas dan observasi luar kelas, tahap paska observasi kepala sekolah
mendengarkan, memberikan penguat, menyajikan dan pemecahan masalah guru.
Sebagai tindak lanjut, kepala sekolah memberikan program penunjang
peningkatan kinerja guru; (2) Faktor pendukung yaitu adanya keharmonisan
kepala sekolah dan guru, komitmen dan kompetensi guru, serta ketersediaan
sarana dan prasarana yang memadai dan faktor penghambat adanya kegiatan
diluar perencanaan supervisi sehingga pelaksanaan supervisi tertunda dan adanya
respon atau tanggapan peserta didik yang kurang dalam pengajaran yang
diberikan oleh guru di kelas; (3) Dampak supervisi akademik kepala sekolah
melalui pendekatan non directive dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu guru
mampu menguasai perangkat administrasi pembelajaran, mampu mengembangkan
kemandirian guru dan mengetahui kebutuhan guru dalam mengembangkan
keterampilan serta profesionalan guru dan guru lebih berinovasi dan kreatif dalam
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:30
Last Modified: 02 Jul 2024 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item