Pengelolaan Lingkungan Belajar dalam Pengembangan Kepribadian Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Siman

Bariroh, Nilna Rizqi (2024) Pengelolaan Lingkungan Belajar dalam Pengembangan Kepribadian Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WATERMARK NILNA RIZQI BARIROH-201190195 FIKS BANGET.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bariroh, Nilna Rizqi. 2024. Pengelolaan Linngkungan Belajar dalam Pengembangan Kepribadian Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Siman, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risti Aulia Ulfah,M.Pd.

Kata Kunci: Pengelolaan Lingkungan Belajar, Kepribadian Siswa, SMPN 1 Siman.

Proses pembelajaran tidak hanya mencakup interaksi antara guru dan siswa, tetapi juga menyangkut lingkungan belajar dalam pengembangan kepribadian siswa. Dalam konteks pendidikan yang dinamis, pemahaman yang mendalam tentang lingkungan belajar dan kepribadian siswa menjadi kunci dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif. Di SMPN 1 Siman, ditemukan berbagai masalah kepribadian siswa, seperti perilaku bullying, penyalahgunaan izin keluar kelas, dan kurangnya sopan santun. Penguatan kepribadian siswa menjadi penting karena kepribadian yang baik akan diterima secara positif oleh lingkungan sosial dan begitu juga sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengelolaan lingkungan belajar fisik dalam pengembangan kepribadian siswa kelas VIII di SMPN 1 Siman; (2) mendeskripsikan pengelolaan lingkungan belajar non
fisik dalam pengembangan kepribadian siswa kelas VIII di SMPN 1 Siman.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, di mana peneliti mendalami dan mempelajari satu unit sosial tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data sesuai yang dipaparkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, menggambar dan memverifikasi kesimpulan, dan kesimpulan, penarikan/verifikasi, dengan keabsahan data dikonfirmasi melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan lingkungan belajar fisik di SMPN 1 Siman, meskipun menghadapi keterbatasan, telah berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menumbuhkan motivasi, minat belajar siswa, tetapi juga secara konkret berkontribusi pada pengembangan kepribadian siswa yang lebih disiplin, tanggung jawab, dan menghargai lingkungan sekitar mereka. (2) di sisi lain, pengelolaan lingkungan belajar non-fisik menekankan pentingnya interaksi sosial yang positif antara guru dan siswa, serta pemahaman terhadap beragam kepribadian siswa. Melalui pendekatan yang berkesinambungan, lingkungan belajar yang harmonis telah berkontribusi pada perubahan positif dalam kepribadian siswa, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risti Aulia Ulfah, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:17
Last Modified: 02 Jul 2024 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29539

Actions (login required)

View Item View Item