Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo

Karina, Esy (2024) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200038_ESY KARINA_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap nasionalisme adalah suatu pengertian yang memuat kesadaran bahwa seluruh warga negara adalah bagian dari bangsa Indonesia dan mempunyai kewajiban untuk mencintai dan melindungi negaranya. Penerapan sikap Nasionalisme seperti memiliki rasa cinta tanah air, bangga menjadi bangsa dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, menempatkan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri dan golongan atau kelompoknya, mengakui dan menghargai sepenuhnya keanekaragaman pada diri bangsa Indonesia, bersedia mempertahankan dan memajukan negara dan nama baik bangsanya.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap Nasionalisme. (2) Mendeskripsikan kegiatan apa saja program ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan sikap nasioalisme. (3) Mendeskripsikan implikasi dari ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan sikap nasioalisme.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitia studi kasus dan pendekatan yang dilakukan di SDN Tambakbayan Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan penelitian menggunaan dan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Langkah-langkah dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka meliputi persiapan materi, pelaksanaan kemudian evaluasi. (2) Program kegiatan ekstrakurikurer Pramuka kegiatan dalam program kerja Pramuka dibuat sesuai dengan SKU serta Silabus Pramuka Penggalang. Adapun kegiatanya seperti PBB, kode kehormatan pramuka, lagu wajib nasional dan daerah, berbagai materi pramuka, berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan, (3) Implikasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka menghasilkan dampak yang positif bagi siswa, terutama bagi pembentukan sikap Nasionalisme siswa. Pramuka bisa menjadi wadah pembentukan karakter siswa, pengembangan keterampilan, memberikan pengalaman belajar holistik, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berprestasi dalam kompetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:10
Last Modified: 02 Jul 2024 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item