Pratiwi, Dania, Gema (2024) Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Membangun Kerukunan Beragama di SMP Katolik Harpan Slahung Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
REVISI-TESIS_DANIA GEMA PRATIWI_505220007.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara multicultural yang memiliki keberagaman agama. Keberagaman tersebut dinilai sebagai realitas dan sunnatullah yang hendaknya dijaga. Namun, hal tersebut dapat pula memicu munculnya konflik. Penelitian ini berangkat dari keunikan yang ada di SMP Katolik Harapan yang memiliki keberagaman agama warga sekolah, yakni Islam, Katolik dan Kristen, meski berlabelkan sekolah Katolik justru mayoritas peserta didik beragama Islam. Penanaman dan penerapan nilai-nilai multikultural dapat dilihat melalui school culture atau budaya sekolah yang tercermin dalam program kegiatan sekolah dan ekstrakurikuler juga melalui classroom culture dalam pembelajaran di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Penerapan nilai-nilai multikultural di SMP Katolik Harapan, Slahung, Ponorogo, 2) Strategi penerapan nilai-nilai mutikultural dalam membangun kerukunan beragama di SMP Katolik Harapan, Slahung, Ponorogo, dan 3) Dampak penerapan nilai-nilai multikultural dalam membangun kerukunan beragama di SMP Katolik Harapan, Slahung, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu menganalisis data dengan meliputi kondensasi data (condensation data), menyajikan data (display data), menarik kesimpulan (conclusion drawing and verification). Analisis data kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data berlangsung.
Hasil dari penelitian: 1) Penerapan nilai-nilai multikultural di SMP Katolik Harapan dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler meliputi al-ta’aruf (saling mengenal) melalui kegiatan MPLS, al-tawassut{ (moderat) melalui adanya 10 perintah Allah, al-tasa>muh{ (toleransi) pada perayaan Misa, Natal dan Idhul Fitri, al-ta’a>wun (tolong-menolong) dalam kerja bakti, membersihkan gereja dan bagi ta’jil, dan al-tawa>zun (harmoni) terlihat pada suasana kelas yang inklusif dan peraturan yang setara dan adil. 2) Strategi penerapan nilai-nilai mukltikultural dalam membangyn kerukunan beragama di SMP Katolik Harapan dilakukan melalui 4 pendekatan yakni kontribusi, aditif, transformasi dan aksi sosial. 3) implikasi penanaman nilai-nilai multikultural dalam membangun kerukunan beragama di SMP Katolik Harapan, Slahung, Ponorogo yang terwujud dalam dialog dan kerjasama antarumat beragama, saling mengenal dengan mengadakan pentas seni, meyakini agama sendiri dan menghargai agama orang lain, do’a bersama berdasarkan keyakinan masing-masing, saling mengucapkan selamat pada perayaan hari besar masing-masing agama, tidak adanya larangan penggunaan atribut yang melambangkan sebuah agama.
Kata kunci: Implementasi, Nilai-nilai Multikultural, Kerukunan Beragama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis, Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29528 |
Actions (login required)
View Item |