Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Umat Beragama Siswa Di SMAN 1 Pilangkenceng Madiun

Azhizhah, Galuh Nur (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Umat Beragama Siswa Di SMAN 1 Pilangkenceng Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190372_Galuh Nur Azhizhah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Sikap Toleransi Umat Beragama

Upaya Guru adalah usaha yang dilakukan seorang guru agar siswa tersebut menjadi pribadi yang lebih baik. Guru juga sebagai suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Dimana seorang guru di tuntut agar ias memberikan dorongan kepada peserta didiknya agar menjadi lebih baik lagi. Di SMAN 1 Pilangkenceng adalah salah satu lembaga formal negeri yang didalamnya terdapat perbedaan dari segi ekonomi, ias g, dan perbedaan keyakinan atau agama.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap toletansi beragama siswa di SMAN 1 Pilangkenceng; (2) menjelaskan ias g pendukung dan penghambat dalam upaya menanamkan sikap toleransi beragama di SMAN 1 Pilangkenceng; (3) menjelaskan implikasi penanaman sikap toleransi beragama siswa di SMAN 1 Pilangkenceng oleh guru PAI.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di SMAN 1 Pilangkenceng Madiun. Sumber datanya adalah Guru PAI, Guru Kristen, Siswa yang beragama Islam dan Siswa yang beragama Kristen di SMAN tersebut. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk direduksi, disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan harapan peneliti.
Dari analisis data diperoleh hasil yaitu sebagai berikut: pertama, guru PAI di SMAN ini memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa Muslim maupun non-Muslim secara rutin berupa nasihat yang di dalamnya terkandung nilai-nilai toleransi agama,yang terselip dalam setiap pembelajarannya. Kedua, dalam ias g pendukung dalam upaya penanaman sikap toleransi beragama di SMAN ini, guru PAI sangat berkompeten dan mempunyai kesadaran beragama dari siswa sendiri, dengan adanya faktor-faktor tersebut penanaman nilai-nilai toleransi berlangsung sangat baik dan hanya ada kendala sedikit mengenai kesadaran atara siswa Islam dan Kristen dalam kegiatan keagamaan seperti hari raya Idul Adha. Ketiga, dalam hal implikasi penanaman sikap toleransi beragama siswa di SMAN ini adalah dengan memberikan kepada peserta didik yang beragama Kristen untuk masuk dalam proses pembelajaran PAI, sehingga implikasi penanaman sikap toleransi beragama oleh guru PAI telah memberikan contoh dalam menghargai siswa yang beragama selain Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:44
Last Modified: 01 Jul 2024 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29484

Actions (login required)

View Item View Item