Purniawati, Dian (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Games Smart Berbasis Kemampuan Logical Mathematic Peserta Didik Kelas 4 Di MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200027_Dian Purniawati_Perpustakaan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Purniawati, Dian. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Games Smart Berbasis Kemampuan Logical Mathematic Peserta Didik Kelas 4 di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci: matematika, bangun datar, media pembelajaran.
Pembelajaran matematika pada kelas IV MIN 2 Ponorogo masih menggunakan media pembelajaran konvensional (tradisional) yang berupa LKS sebagai penunjang proses belajar mengajar. Peserta didik menjadi kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Saat ini peserta didik memahami matematika ialah menghafal rumus, bukan menganalisis suatu permasalahan dan dapat menyelesaikannya dengan konsep matematika sehingga dapat menunjang kecerdasan logis matematis peserta didik. Perlu adanya inovasi pengembangan media pembelajaran yang interaktif, menarik, serta mampu menunjang kecerdasan logis matematis peserta didik. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis kecerdasan logi matematis dalam materi bangun datar.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran monopoli games smart pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MIN 2 Ponorogo, (2) mengidentifikasi kevalidan media pembelajaran monopoli games smart pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MIN 2 Ponorogo.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pengembangan atau Research and Development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang kemudian dianalisis menggunakan rumus percentages correction.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) proses pengembangan media pembelajaran monopoli games smart menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahap, yakni tahap analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), (2) berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa berdasarkan hasil uji validasi ahli, penilaian media monopoli games smart aspek media memperoleh nilai rata-rata 99,09%, aspek materi mendapatkan rata-rata 100%, dan aspek bahasa memeroleh nilai rata-rata 100%. Sehingga, hasil nilai rata-rata ketiga aspek monopoli games smart berdasarkan validasi ahli sebesar 99,7%. Sementara itu, hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 97,4%. Jika ditarik rata-rata dari keduanya, maka kevalidan media monopoli games smart mencapai nilai 98,5%. Berdasarkan nilai tersebut, media monopoli games smart bermuatan materi bangun datar dikategorikan sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hestu Wilujeng |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:43 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29470 |
Actions (login required)
View Item |