Nurjanah, Roudhotul (2024) Efektivitas Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Ekspresif Siswa Kelas 3 di Mi Ma’arif Cekok Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
e-thesis_203200097_Roudhotul Nurjanah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan dengan menurunnya tingkat buta huruf. Meskipun demikian, masih banyak tantangan yang menghambat kemajuan pendidikan, khususnya dalam pembelajaran membaca ekspresif. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain penggunaan metode pengajaran yang tidak tepat yang dapat menghambat kemampuan membaca siswa. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca ekspresif siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas metode CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca ekspresif siswa.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca ekspresif siswa kelas 3 sebelum dan sesudah diterapkan metode CIRC di MI Ma’arif Cekok Ponorogo serta menganalisis efektivitas metode tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai peningkatan kemampuan membaca ekspresif siswa melalui penerapan metode CIRC.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 di MI Ma’arif Cekok Ponorogo, dengan kelas 3A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 18 siswa dan kelas 3B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan tes membaca. Instrumen tes menggunakan materi teks drama untuk menilai pengaruh metode CIRC terhadap kemampuan membaca ekspresif siswa. Observasi dilakukan untuk melihat respon siswa dalam kegiatan membaca dan diskusi kelompok.
Hasil analisis statistik paired sampel t tes menunjukkan bahwa penerapan metode CIRC menghasilkan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca ekspresif. Berbeda hasil pada uji independent sampel t tes tidak menunjukkan hasil yang signifikan pada rata-rata kelompok yang tidak terhubung. Perbedaan ini, di uji kembali pada N Gain dalam mengukur peningkatan efektivitas penelitian. Dengan peningkatan yang signifikan pada uji N Gain, menjadikan metode CIRC efektif dalam penerapan terhadap kemampuan membaca ekspresif siswa meski dalam taraf sedang. Disimpulkan bahwa metode CIRC dapat menjadi pilihan yang baik dalam meningkatkan kemampuan membaca ekspresif siswa kelas 3. Oleh karena itu, metode CIRC masih direkomendasikan untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca ekspresif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuentie Sova Puspidalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:40 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29463 |
Actions (login required)
View Item |