Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Supervisor Motivator di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Darma, Fuat Jatiarya (2024) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Supervisor Motivator di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200023 Fuat Jatiarya Darma Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh ketidak profesionalan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga pendidik, kurangnya pemahaman materi dan penguasaan metode pembelajaran yang digunakan. Hal ini berdampak pada kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, peran kepala madrasah sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Melalui inisiatif seperti workshop, supervisi, pelatihan, dan motivasi, kepala madrasah dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menyampaikan materi dan menggunakan metode pembelajaran yang efektif.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader. (2) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor. (3) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalaisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data yang digunakan yaitu Milles & Huberman dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak. Beliau bertindak sebagai leader, supervisor, dan motivator. (1) Sebagai leader, kepala madrasah membuat perencanaan melalui supervisi dan evaluasi, selain itu, membuat strukrut organisasi, melaksanakan pengelolaan kepegawaian dan melaksanakan evaluasi secara teratur (2) Sebagai supervisor, kepala madrasah membuat jadwal supervisi terencana, melibatkan guru-guru senior dalam proses supervisi, dan menerapkan berbagai model supervisi yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi dan karakteristik individu guru. (3) Sebagai motivator, kepala madrasah memberikan dorongan kepada guru untuk mengejar pendidikan tinggi, mengadakan seminar dan pelatihan, memberikan penghargaan atas pencapaian, dan memberikan pembinaan langsung kepada guru yang membutuhkan. Ini menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif bagi seluruh anggota madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:28
Last Modified: 01 Jul 2024 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item