Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Papan Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di MI Ma’arif Gandu

Elvina, Reza (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Papan Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di MI Ma’arif Gandu. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REZA ELVINA_203200089_SKRIPSI_E Theasis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Elvina, Reza. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Papan Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di MI Ma’arif Gandu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Papan Kartu, Hasil Belajar Siswa
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran. Jika model pembelajaran terlalu monoton akan mengakibatkan siswa mudah merasa bosan, tidak fokus, dan minat belajar berkurang, sedangkan orang dikatakan belajar bila adanya suatu perubahan pada siswa tersebut. Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika yang sering dijumpai adalah pembelajaram matematika dirasa sulit oleh peserta didik. Penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran matematika yang masih menggunakan model konvensional, dimana kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran game based learning berbantuan media papan kartu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran game based learning berbantuan media papan kartu, mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan, dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran game based learning berbantuan media papan kartu terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Dalam pengambilan sampel quasi experiment dilakukan secara langsung dipilih oleh peneliti. Sampel penelitian ini yaitu kelas 1A sebagai kelas eksperimen dan kelas 1B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan observasi penerapan pembelajaran dan tes. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent t Test dan uji N-Gain.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran game based learning berbantuan media papan kartu pada ke empat indikator adalah sangat baik. (2) Hasil belajar siswa terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran game based learning berbantuan media papan kartu. Pada uji N Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata rata N Gain pada kelas eksperimen yang menggunakan model game based learning berbantuan media papan kartu efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 1 MI Ma’arif Gandu.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:14
Last Modified: 01 Jul 2024 03:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item