Dai Al Falah, Muhammad (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sistem Pernafasan Pada Manusia Berbasis Inkuiri Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203200071-Muhammad Dai Al Falah-Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Al Falah, Muhammad Da’i. 2024. Pengembangan LKPD Sistem Pernafasan Pada Manusia Berbasis Inkuiri Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, inkuiri learning, sistem pernafasan pada manusia, ADDIE.
Dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas anak juga sangat mempengaruhi karena ditinjau dari ilmu jiwa anak, anak yang normal selalu bertindak dengan tingkatan perkembangan umur mereka. Ia selalu mengadakan reaksi-reaksi terhadap lingkungannya atau adanya aksi dari lingkungan maka ia pun melakukan kegiatan atau aktivitas. Anak yang sering melakukan aktivitas akan mudah memahami suatu materi pelajaran yang diajarkan dan dapat meningkatkan keberhasilan belajar anak. Untuk mengembangkan kecerdasan dalam ranah afektif, kognitif serta psikomotor peserta didik dibangun ketika terjadinya proses pembelajaran. Pada saat itu hasil belajar peserta didik dapat dikembangkan ketika ia berinteraksi dengan sesamanya. Melalui belajar dari pengalaman atau perbuatan serta dari lingkungan sekitarnya. Dengan demikian tingkat hasil belajar peserta didik akan bertambah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri learning pada materi sistem pernafasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi)
Pada tahap analisis, dilakukan studi lapangan dan studi pustaka untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran. Tahap desain melibatkan perencanaan dan perancangan LKPD yang sesuai dengan langkah-langkah inkuiri. Pada tahap pengembangan, LKPD disusun dan dirancang sesuai dengan materi sistem pernafasan manusia. Implementasi dilakukan dengan menguji coba LKPD pada 21 siswa kelas V MIN 7 Ponorogo, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Evaluasi melibatkan validasi oleh ahli materi yang memberikan skor sangat layak dengan persentase di atas 80%, serta analisis N-Gain yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang hingga tinggi.
Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, yang mengindikasikan bahwa penggunaan LKPD berbasis inkuiri learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Respon siswa terhadap penggunaan LKPD juga sangat positif, dengan rata-rata persentase respon di atas 80%. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini merekomendasikan integrasi LKPD berbasis inkuiri learning dalam kurikulum serta pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:09 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29434 |
Actions (login required)
View Item |