..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA UPLOAD ULANG).. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo

Karina, Esy (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA UPLOAD ULANG).. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200038_ESY KARINA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap Nasionalisme.(2) Mendeskripsikan kegiatan apa saja program ekstrakurikuler pramuka dalam
meningkatkan sikap nasioalisme. (3) Mendeskripsikan implikasi dari ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan sikap nasioalisme.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitia studi kasus dan pendekatan yang dilakukan di SDN Tambakbayan Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil obsevasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan pendekatan penelitian menggunaan dan jenis penelitian studi kasus.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Langkahlangkah dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka meliputi persiapan materi,pelaksanaan kemudian evaluasi. (2) Program kegiatan ekstrakurikurer Pramuka
kegiatan dalam program kerja Pramuka dibuat sesuai dengan SKU serta Silabus Pramuka Penggalang. Adapun kegiatanya seperti PBB, kode kehormatan
pramuka, lagu wajib nasional dan daerah, berbagai materi pramuka,berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan, (3) Implikasi kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka menghasilkan dampak yang positif bagi siswa, terutama bagi pembentukan sikap Nasionalisme siswa. Pramuka bisa menjadi wadah pembentukan karakter siswa, pengembangan keterampilan, memberikan pengalaman belajar holistik, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berprestasi dalam kompetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:06
Last Modified: 01 Jul 2024 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29430

Actions (login required)

View Item View Item