..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN ULISAN, UPLOAD ULANG)..PERAN GURU EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI AL-MUNA SOBONTORO MAGETAN

Choiriyah, Widya Lailatul (2024) ..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN ULISAN, UPLOAD ULANG)..PERAN GURU EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BACA TULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI AL-MUNA SOBONTORO MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203190192_widya lailatul_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Choiriyah, Widya Lailatul. 2024. Peran Guru Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Motivasi Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Peran Guru Ekstrakurikuler, faktor penghambat dan pendukung, Peserta didik.
Peran guru eksrakulikuler dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an paling penting dalam pendidikan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah yaitu sebagai pembimbing, motivator,dan fasilitator. Keadaan peserta didik di MI Al-Muna Sobontoto Magetan dalam memahami pembelajaran baca tulis Al-Qur’an masih heterogen, ada yang sudah sesuai dengan yang diharapkan guru dan ada yang belum. Maka dari itu, perlu bimbingan yang intensif dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an tersebut. Peran guru disinilah sangat diperlukan dalam menumbuhkan motivasi peserta didik supaya peserta didik mencapai keberhasilan didalam pembelajaran Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru Ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan (2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan model Milles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) peran guru Ekstrakurikuler dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan yang pertama yaitu sebagai edukator, pendidik berperan sebagai teladan bagi peserta didiknya, dan juga melalui kegiatan pembiasaan, yang kedua sebagai motivator dengan memberikan dukungan, memberikan nasihat, guru menciptakan kompetisi, membuat kelompok, dan memberikan hadiah bagi peserta didik yang berprestasi, yang ketiga sebagai fasilitator yaitu sebagai fasilitator guru memberi kemudahan dan membantu peserta didik dalam pemahaman materi, membangun hubungan dekat dan akrab dengan peserta didik, dan membimbing dengan pendekatan terhadap peserta didik yang mengalami masalah dan mengajak peserta didik terbuka tentang permasalahannya dan (2) faktor penghambat dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan yaitu siswa, keterbatasan waktu belajar, dan sarana prasarana, sedangkan fator pendukung dalam menumbuhkan motivasi baca tulis Al-Qur’an peserta didik di MI Al-Muna Sobontoro Magetan yaitu keluarga atau orang tua, teman atau lingkungan sekitar,dan sarana prasarana yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:05
Last Modified: 01 Jul 2024 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29426

Actions (login required)

View Item View Item