Fatmawati, Diyah Ayu (2024) Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 2 Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200268_DIYAH AYU FATMAWATI_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan semakin maju sehingga ilmu pengetahuan juga mengikuti,
maka semakin majunya ilmu pengetahuan metode pembelajaran juga ikut
mengalami perkembangan. Berkembangnya metode pembelajaran guna
mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mudah
dipahami oleh siswa. Salah satunya mengenai metode hypnoteaching. Metode
hypnoteaching merupakan salah satu metode pembelajaran dengan cara guru
memberikan sugesti positif berupa motivasi ataupun saran pada alam bawah sadar
siswa dengan tujuan untuk meningkatkan ketertarikan dan hasil belajar siswa serta
menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu guru PAI di SMP
Negeri 2 Geger Madiun menerapkan metode hypnoteaching pada pembelajaran
PAI yang masih sangat jarang digunakan oleh guru lainnya. Karena pembelajaran
PAI di sekolah dijelaskan secara teoritis serta materi yang cukup banyak dan
keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah sehingga guru dominan untuk
menggunakan metode ceramah. Dengan dominan menggunakan metode ceramah
sehingga siswa merasa pembelajaran sangat membosankan dan siswa tidak
memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk
mengetahui implementasi metode hypnoteaching dalam meningkatkan hasil
belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Geger Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami: 1).
Pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran PAI pada siswa di SMP
Negeri 2 Geger Madiun; 2). Hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI melalui
metode hypnoteaching di SMP Negeri 2 Geger Madiun.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian field research dengan lokasi penelitian yang bertempat di
SMP Negeri 2 Geger Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan hasil; 1). Pembelajaran PAI dengan menggunakan
metode hypnoteaching dapat dilakukan dengan guru memberikan motivasi kepada
siswa, guru mengecek kondisi kelas dan menanyakan keadaan siswa, guru
memulai memimpin dan memulai proses pembelajaran, guru melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan kata-kata positif, guru memberikan pujian
siswa, guru menjadi contoh siswa, guru menyampaikan materi yang sesuai dan
komprehensif; 2) Implementasi metode hypnoteaching pada pembelajaran PAI
dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah
psikomotorik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuli Salis Hijriyani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29405 |
Actions (login required)
View Item |