Panji, Cahyo Nugroho (2024) Implikasi Game Online Terhadap Manajemen Waktu Menghafal Al Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
IMPLIKASI GAME ONLINE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU MENGHAFAL AL QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QUR’AN AL HASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di tengah era globalisasi, aktivitas bermain game online sudah menjadi rutinitas setiap hari bagi banyak orang, tidak lain termasuk didalamnya santri pondok pesantren terutama Al Hasan. Al Hasan merupakan salah satu pondok pesantren yang membebaskan santrinya untuk membawa dan mengoperasikan alat komunikasi seperti HP dan Laptop. Keadaan tersebut seiring dengan berkembangnya teknologi moderen mengakibatkan pengaruh yang kurang baik pada santri yang notabenya sedang belajar dan menghafalkan Al Qur.an. Waktu-waktu yang seharusnya digunakan untuk mengaji dan menambah hafalaan dihabiskan untuk bermain game online.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas santri di pondok pesantren tahfizul qur’an al hasan; (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana tuntutan managemen waktu dalam menghafal al qur’an di pondok pesantren tahfizul qur’an al hasan; (3) Untuk mendeskripsikan bagaiman implikasi game online terhadap manajemen waktu menghafal Al Qur,an di pondok pesantren tahfizul qur’an al Hasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar dan bukan angka, yang mana data diperoleh dari orang dan perilaku yang dapat diamati melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubermen yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Mayoritas santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al Hasan adalah mahasiswa jadi pondok ini sering disebut pondok mahasiswa. Santri memiliki kegiatan wajib dipondok sekitar 12 jam sehari mulai magrib-isya’. Kegiatan pagi hingga sore dimanfaatkan santri untuk beraktifitas di luar pondok seperti, kuliah, sekolah atau bekerja, menghafal Al Qur’an atau kegiatan lainnya seperti bermain game online (2) tuntutan managemen waktu dalam menghafal al qur’an di pondok pesantren tahfizul qur’an al hasan dengan menetapkan target, menyusun jadwal harian, menjalankan jadwal secara teratur, dan terorganisir (3) implikasi game online terhadap manajemen waktu menghafal Al Qur’an di pondok pesantren tahfizul qur’an al hasan. Game online tidak berimplikasi terhadap manajemen waktu menghafal, Game onlin terkadang berimplikasi terhadap manajem waktu santri, Bermain dengan intensitas yang tinggi dapat membubarkan manajemen waktu menghafal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:39 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29390 |
Actions (login required)
View Item |