Ula, Haizatul (2024) Pengaruh Transformasional Leadership Kepala Madrasah dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Di MA AL-Islam Joresan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200097 HAIZATUL ULA (3).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ula, Haizatul. 2024. Pengaruh Transformasional Leadership Kepala Madrasah dan Komitmen terhadap Kinerja Guru di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. Skirpsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Transformasional Leadership, Komitmen, Kinerja Guru
Sebagai pemegang kebijakan utama dalam lembaga pendidikan, Kepala Madrasah memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan proses pendidikan berjalan lancar. Tugasnya sangat penting bagi semua pihak terkait, termasuk pendidik, siswa, staf administrasi, pemerintah, dan masyarakat. Harapan mereka adalah agar kepala sekolah dapat mengemban tugasnya dengan efektif untuk mewujudkan visi dan misi sekolah demi kemajuan bersama. Keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan sekolahnya tercermin dari semakin meningkatnya kesadaran guru untuk meningkatkan kinerjanya sebagai salah satu faktor efektif, melalui peningkatan keterampilan guru dalam melaksanakan tugas mengajar, peningkatan efektivitas kegiatan profesional guru, dan peningkatan kinerja guru dan peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh transformasional leadership kepala madrasah di MA AL-Islam Joresan Ponorogo. (2) Adakah pengaruh komitmen terhadap kinerja guru di MA AL-Islam Joresan Ponorogo. (3) Adakah pengaruh transformasional ledership kepala madrasah dan komitmen terhadap kinerja guru di MA AL-Islam Joresan Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan sampel 53 responden Guru di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengevaluasi pengaruh antar variabel secara bersama-sama.
Hasil pengujian menunjukkan 1.) adanya pengaruh signifikan Transformasional Leadership Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MA Al-Islam Joresan Ponorogo, dengan nilai R Square sebesar 62%. 2.) Terdapat pengaruh signifikan Komitmen terhadap Kinerja Guru di MA Al-Islam Joresan Ponorogo, dengan nilai R Square mencapai 77,9%. 3.) Transformasional Leadership dan Komitmen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru di MA Al-Islam Joresan Ponorogo, dengan nilai R Square sebesar 78,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fu'adi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29370 |
Actions (login required)
View Item |