Arlina, Nia (2024) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Strategi Guru Fiqih dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Siswa Kelas XI MA Tri Bhakti Pagotan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190191_NIA ARLINA_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran fiqih yang membosankan, siswa yang kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaran, kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran, karakteristik anak yang berbeda-beda dan metode pembelajaran siswa yang hanya itu saja. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru Fiqih dalam mengatasi problematika pembelajaran di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Fiqih dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Siswa Kelas XI MA Tri Bhakti Pagotan, peran guru dalam proses pembelajaran, strategi yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar, dan problematika pembelajaran yang dialami peserta didik dalam kelas serta hasil upaya Guru Fiqih dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Siswa Kelas XI MA Tri Bhakti Pagotan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer meliputi guru fiqih, kepala sekolah, dan peserta didik. Peneliti menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapaat disimpulkan bahwa Hasil pelaksanaan strategi guru fiqih berupa memberikan motivasi, memberikan pembinaan, memastikan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan contoh pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Startegi Guru Fiqih dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Siswa Kelas XI MA Tri Bhakti Pagotan dapat diketahui dengan adanya pengaruh atau dampak dari strategi guru fiqih. Keberhasilan tersebut ditunjukkan dengan sikap guru lebih memahami karakteristik anak yang berbeda-beda, motivasi belajar siswa semakin meningkat, siswa lebih disiplin dalam belajar, guru lebih memahami siswa dengan latar belakang lingkungan yang berbeda, siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Heriyudanta |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29359 |
Actions (login required)
View Item |