Tokoh Wanita Saleha Dalam Buku Aisyah Kekasih yang Terindah dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Era 5.0

Nabila, Alfiana Alya (2024) Tokoh Wanita Saleha Dalam Buku Aisyah Kekasih yang Terindah dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Era 5.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200011_ALFIANA ALYA NABILA_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nabila, Alfiana Alya. 2024. Tokoh Wanita Saleha dalam Buku Aisyah Kekasih yang Terindah dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak di Era 5.0. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak, Era 5.0.

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai maraknya penyimpangan akhlak di masyarakat sekitar, khususnya di Indonesia. Penyimpangan ini merupakan hasil dari akhlak yang muncul di masyarakat sebagai gaya hidup sehari-hari. Perubahan pendidikan akhlak semakin komplek karena pengaruh teknologi yang luas dan mendalam. Anak-anak dan remaja terpapar pada berbagai informasi dan budaya yang tidak diinginkan. Selain itu, penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan interaksi sosial langsung. Pada era 5.0 ditandai dengan integrasi teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, internet of things, dan data besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pembentukan akhlak. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan penanaman akhlak yang kuat, kebijakan dalam penggunaan teknologi dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggambaran wanita saleha dalam buku Aisyah Kekasih yang Terindah karya Sulaiman An-Nadawi terjemahan Abdul Mun’im Muhammad Umar; (2) relevansi tokoh wanita saleha dalam Buku Aisyah Kekasih yang Terindah dengan nilai-nilai pendidikan akhlak di era 5.0.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan dan membaca sumber primer dan sekunder serta literatur tertulis lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sayyidah Aisyah digambarkan sebagai sosok yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kecerdasan intelektual, kepedulian sosial, kecerdasan spiritual dan kepribadian yang menginspirasi. (2) terdapat relevansi antara wanita saleha dengan nilai-nilai pendidikan akhlak di era 5.0 yang menekankan integrasi teknologi dalam membentuk individu yang berakhlak baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat, yaitu: dalam nilai pendidikan pengembangan jiwa terdapat nilai taat pada Allah Swt., menjaga diri dari gibah, rendah hati saat dipuji, dan selalu menjaga hijabnya. Dalam nilai pendidikan keadilan terdapat nilai menolong sesama kaum perempuan. Dalam nilai pendidikan kebaikan terdapat nilai menghargai pemberian orang lain, dan dermawan juga berhati lembut. Dalam nilai pendidikan kebijaksanaan terdapat nilai taat pada suami, pemberani dan etos yang tinggi, dan menjauhi hal-hal yang sepele.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:15
Last Modified: 01 Jul 2024 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29353

Actions (login required)

View Item View Item