Mustikasari, Rika Ajeng (2024) Motivasi Orang Tua dalam Menyekolahkan Anak ke Pesantren (Studi Kasus Desa Cepoko Ngrayun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190235_RIKA AJENG MUSTIKASARI_PAI-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mustikasari, Rika Ajeng. 2024. Motivasi Orang Tua dalam Menyekolahkan
Anak ke Pesantren (Studi Kasus Desa Cepoko Ngrayun). Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risti Aulia Ulfah, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Orang Tua, Pendidikan, dan Pesantren.
Kemajuan teknologi mampu membawa perubahan dalam pola hidup
manusia yang dapat berdampak pada perubahan dunia. Perkembangan teknologi
memudahkan seseorang dalam mencari suatu budaya yang kurang sesuai dengan
norma yang telah ada. Khususnya pada remaja Indonesia dimana pada usia remaja
merupakan usia yang tepat untuk menemukan jati diri, sehingga jika hal tersebut
tidak dikontrol dengan baik maka akan disalah gunakan remaja untuk lebih
mengikuti kemauan mencari jawaban dari rasa penasarannya akan suatu hal yang
baru. Banyaknya kasus-kasus kekerasan yang dilakukan para remaja
menunjukkan minimnya pemahaman sosial tentang adanya norma-norma dan
adab terhadap orang lain, terlebih orang yang lebih tua. Maka dari itu pentingnya
penanaman akhlak melalui pendidikan khususnya pendidikan islam di pesantren
sangat dibutuhkan. Melalui pendidikan di pesantren setidaknya mampu membantu
tugas orang tua dan mencegah terjadinya permasalahan yang muncul terlebih pada
pergaulan bebas dan kenakalan remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan motivasi orang tua
dalam melanjutkan pendidikan anak ke pondok pesantren; (2) mendeskripsikan
upaya orang tua untuk melanjutkan pendidikan anak ke pondok pesantren; (3).
mendeskripsikan model pondok pesantren seperti apa yang diinginkan oleh orang
tua.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang
digunakan oleh peneliti adalah konsep yang dikemukakan oleh Miles dan
Huberman.
Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan bahwa : (1) terdapat
3 model pondok pesantren yang menjadi tujuan bagi orang tua santri di Desa
Cepoko Kabupaten Ponorogo. Model pondok pesantren tersebut diantaranya
adalah pondok pesantren salaf, pondok pesantren modern, dan pondok pesantren
tahfidz; (2) dalam melanjutkan anak ke pesantren diperlukan usaha-usaha dari
orang tua agar anak mau masuk ke pesantren. Upaya tersebut diantaranya adalah
membiasakan anak dengan kebiasaan lingkungan pesantren, mengajak anak
silaturahim ke pondok pesantren supaya termotivasi melanjutkan pendidikan di
pesantren dan mengenalkan kepada anak ilmu dasar agama; (3) motivasi sangat
diperlukan bagi orang tua untuk anaknya, diantara motivasi orang tua di Desa
Cepoko supaya anak melanjutkan pendidikan di pesantren adalah sebagai berikut:
pertama, orang tua menginginkan anak agar mendalami agama dengan baik.
kedua, kekhawatiran orang tua terhadap buadaya-budaya serta arus negatif dari
teknologi, dan terakhir untuk membentuk karakter anak yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risti Aulia Ulfah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:11 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29344 |
Actions (login required)
View Item |