Karimah, Efa Milatul (2024) Perbedaan Kemampuan Analisis Siswa Kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan Menggunakan Media Audio Visual dan Tidak Menggunakan Media Audio Visual. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOAD E-THESIS_EFA MILATUL KARIMAH_203200033.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Karimah, Efa Milatul. 2024. Perbedaan Kemampuan Analisis Siswa Kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan Menggunakan Media Audio Visual dan Tidak Menggunakan Media Audio Visual. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Analisis, Model Pembelajaran PBL, Media.
Kemampuan analisis sangat penting dalam pembelajaran karena dengan menganalisis siswa dapat memecahkan sebuah masalah dan memahami materi dalam pelajaran. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan analisis siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini berasal dari dalam diri siswa yang malas dalam belajar dan lebih senang bemain saat pembelajaran dimulai, sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan proses pembelajaran disekolah seperti model, metode pembelajaran, pendekatan yang digunakan dan media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual siswa kelas 5 MI Sailul Ulum pagotan, mengetahui kemampuan analisis siswa kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan menggunakan model problem based learning berbantu media audio visual dan yang tidak menggunakan media audio visual, dan untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan analisis antara siswa menggunakan media audio visual dengan yang tidak menggunakan media audio visual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true-eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi keterlaksanaan pembelajaran dan Post-Test. Teknik yang peneliti gunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan teknik Nonprobability sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent T-test.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual untuk kemampuan Analisis Siswa Kelas 5 MI Sailul ulum Pagotan secara keseluruhan keterlaksanaan 86% terlaksana secara runtut mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Kemampuan Analisis Siswa Kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual dan Yang Tidak Menggunakan Media Audio Visual. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 85,88 dan post test kelas kontrol sebesar 73,27. (3) Berdasarkan uji hipotesis independent t tes menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan terdapat perbandingan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:08 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29339 |
Actions (login required)
View Item |