Saputri, Adzian Diah (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS, UPLOAD ULANG).. Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Siswa Penyandang Disabilitas Tunarungu di SLB Panca Bhakti Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200003_ ADZIAN DIAH SAPUTRI_ PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Saputri, Adzian Diah. 2024. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Siswa Penyandang Disabilitas Tunarungu di SLB Panca Bhakti Magetan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Guru, Nilai-Nilai Akhlak, Tunarungu
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Dalam pendidikan tentunya tidak terlepas dari peran guru, selain menyampaikan ilmu pengetahuan, guru juga menjadi teladan yang baik bagi siswa. Dari berkembangnya teknologi yang semakin canggih memunculkan kekhawatiran guru terkait akhlak dalam diri siswa berkebutuhan khusus. Adanya keterbatasan fisik dari siswa berkebutuhan khusus tunarungu dalam menerima penanaman nilai-nilai akhlak menjadi tantangan bagi guru. Dalam hal ini, guru di SLB Panca Bhakti Magetan melaksanakan program akhlak melalui penanaman nilai-nilai akhlak yang bertujuan untuk membentuk anak-anak yang beriman dan berakhlak mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Penyandang Tunarungu di SLB Panca Bhakti Magetan; (2) Kendala yang Ditemui Guru dan Solusi yang Diberikan Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa Penyandang Tunarungu di SLB Panca Bhakti Magetan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah langkah melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada siswa tunarungu, guru sebagai orang tua kedua siswa selain dirumah, guru menggunakan metode praktik langsung, strategi langsung memberikan contoh dan melalui pembiasaan-pembiasaan yang senantiasa dilakukan setiap hari di sekolah. (2) Kendala yang ditemui guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada siswa tunarungu adalah siswa yang sudah berbaur dengan anak diluar, salah penerimaan komunikasi, orang tua yang acuh tak acuh kepada anaknya, keterbatasan atau latar belakang dari siswa, kurang bersosialisasi dengan teman, sering menyendiri dan berkumpul dengan komunitasnya sendiri. Sedangkan solusi yang diberikan guru dalam mengatasi kendala yang ditemuinya adalah memberikan arahan untuk mengajak kebaikan, melakukan kerja sama antara guru dengan sekolah dan kemudian memberikan arahan kepada orang tua siswa akan pentingnya nilai-nilai akhlak tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29330 |
Actions (login required)
View Item |