Sulfiani, Mega (2024) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sulfiani, Mega. 2024 Upaya Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral anak Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di TK Islam Kairiah Jimbe Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuli Salis Hijriyani. M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Anak usia dini, Pembiasaan Shalat Dhuha.
Banyak anak yang belum bisa memahami terhadap aturan kegiatan pembiasaan disekolah seperti anak sulit mengikuti aktifitas bersama guru. Padahal disisi lain terdapat pembelajaran bersikap dan bertutur kata yang menjadi pondasi awal untuk bekal anak dimasa yang akan mendatang untuk menjadi peribadi yang memiliki nilai agama dan moral yang baik. Shalat dhuha menjadi rutinitas harian anak yang dilakukan sebagai bentuk penanaman nilai agama dan moral. Oleh karena itu penelitian tentang upaya guru dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha sangat penting untuk dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah(1) untuk mendeskripsikan pembiasaan shalat di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo.(2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo.(3)untuk mendeskripsikan tingkat capaian perkembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan shalat dhuha di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini anak usia dini, guru dan Kepala sekolah di TK Islam Khairiah Jimbe, Jenangan Ponorogo. Adapun teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan yang di kembangkan oleh Miles Huberman mulai dari pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan shalat dhuha merupakan kegiatan terjadwal di sekolah yang dilakukan di Masjid pada pukul 07.30 WIB. Sebelum shalat dhuha diawali dengan wudhu, belajar adzan, menghafal surah pendek serta asmaul husna dan diakhiri dengan berdoa dan berzikir.(2) Faktor yang mempengaruhi Perkembangan nilai agama dan moral yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal merupakan keinginan anak untuk mengikuti shalat dhuha dan ketertiban anak melakukan shalat, faktor eksternal yaitu sarana prasarana yang memadahi untuk melakukan pembiasaan shalat dhuha di sekolah berupa tempat ibadah atau masjid.(3) Capaian tingkat pengembangan nilai agama dan moral melalui shalat dhuha berkembang sesuai dengan yang diharapkan, diantaranya mampu mengenal agama yang dianut, meniru gerakan shalat dengan benar, berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik, membiasakan diri berperilaku baik,serta memberi salam dan membalas salam. Dengan adanya pembiasaan shalat dhuha dapat membentuk anak memiliki nilai agama dan moral yang baik sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuli Salis Hijriyani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29313 |
Actions (login required)
View Item |