Nafiah, Fima Khoirun (2024) Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Fiqih Di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210317243_FIMA KHOIRUN NAFIAH_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nafiah, Fima Khoirun. 2024. Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata kunci: Kepedulian, Lingkungan, Pelajaran Fiqih
Salah satu komponen pendidikan karakter yang dibentuk pada peserta didik adalah membentuk perilaku peduli lingkungan. Kepedulian adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli lingkungan adalah perilaku atau tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang telah terjadi. Peduli lingkungan bisa dilakukan dari lingkup terkecil, dari keluarga, sekolah dan madrasah.
Tujuan pembahasan skripsi adalah 1)untuk mengetahui proses menumbuhkan kepedulian lingkungan peserta didik melalui mata pelajaran Fiqih di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo; 2) untuk mengetahui dampak kepedulian lingkungan peserta didik di madrasah MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo; 3) untuk mengetahui faktor kepedulian lingkungan peserta didik di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pertama, Strategi yang digunakan di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan peserta didik melalui mata pelajaran Fiqih Bi’ah yaitu 1) Pemberian aturan tentang piket membersihkan kelas, menjaga tanaman; 2) Penyampaian Materi Fiqih Bi’ah tentang rencana pelaksanaan pembelajaran, thoharoh, tayamum dan ibadah sholat; 3) Pemberian Sanksi bagi siswa yang membuang sampah sembarangan. Kedua, dampak dari strategi peduli lingkungan memberikan dampak positif bagi siswa dalam membangun karakter disiplin, menjadi hidup bersih bagi yang peduli lingkungan. Selain itu juga dapat menumbuhkan kesadaran siswa untuk melestarikan lingkungan hidup. Ketiga, faktor pendukung kepedulian lingkungan peserta didik di MA An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo antara lain Kebijakan dari madrasah, dan Bimbingan guru. Faktor penghambat kepedulian lingkungan peserta didik antara lain kurangnya kesadaran individu akan kebersihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:08 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29302 |
Actions (login required)
View Item |