Triningsih, Arum (2024) Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sd Negeri 1 Wagirkidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_206200066_ARUM TRININGSIH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kata Kunci: Kepemimpinan Partisipatif, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya dibutuhkan seorang tenaga pendidik yang profesional, yang selalu memiliki energi untuk siswanya, memiliki tujuan yang jelas dengan bahan ajarnya, memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang efektif, serta memiliki kedisiplinan yang baik untuk dicontohkan pada siswanya. Hal tersebut dapat bermula dari kepemimpinan partisipatif kepala sekolah yang baik, seperti mengikut sertakan para guru dalam pengambilan keputusan, memberikan ruang dan waktu untuk para guru menyampaikan hak pendapat yang mereka miliki, memberikan contoh yang baik bagi para guru dan siswanya.
Tujuan utama penelitian ini adalah (1) peran karakteristik kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme uru di SD Negeri 1 Wagirkidul. (2) peran langkah – langkah kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 1 Wagirkidul. (3) dampak peran kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 1 Wagirkidul.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, wali kelas 4, dan wali kelas 5. Adapun sumber data sekundernya yaitu melalui dokumen, foto serta kajian teori. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Millies and Huberman dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan triangulasi sumber, dan metode.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) karakteristik kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 1 Wagirkidul dengan menggunakan sistem komunikasi dua arah, dan melibatkan para guru dalam pengambilan keputusan (2) Menerapkan Langkah-langkah kepemimpinan demokratis ketika menentukan suatu keputusan maka diputuskan secara bermusyawarah.(3) Dalam meningkatkan profesionalisme guru sudah dikatakan berhasil karena kepala sekolah SD Negeri 1 Wagirkidul mampu menjadikan tenaga pendidik yang professional dengan bukti bahwa tenaga pendidik SD Negeri 1 Wagirkidul dapat menjalankan perannya sebagai pendidik dengan baik, mampu mengajar dan menunjukkan sikap yang ramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 09:22 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 09:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29281 |
Actions (login required)
View Item |