Fitriana, Amanda Dwi (2024) Strategi Kiai dalam Meningkatkan Literasi Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI AMANDA DWI FITRIANA 201200228.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fitriana, Amanda Dwi. 2024. Strategi Kiai dalam Meningkatkan Literasi Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Kiai, Literasi Santri, Pondok Pesantren
Pendidikan adalah proses pengembangan kepribadian manusia, termasuk intelektual, spiritual, emosional, dan fisik. Di Indonesia, literasi rendah, terutama pada generasi muda yang lebih suka menggunakan gawai daripada membaca. Pendidikan dan literasi saling mempengaruhi kehidupan manusia. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan inovasi program literasi di pondok pesantren. Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo, pengasuh K.H Fathur Rochman Effendie memberikan beberapa program literasi kepada santri sebagai strategi untuk meningkatkan literasi santri yang meliputi gerakan Sadar Baca dan Tulis, outbond/tadabbur alam, penugasan saat liburan (daily life) dapat berupa quotes, cerita pendek, puisi, atau narasi singkat mengenai suatu kegiatan/tempat yang temanya telah ditentukan, dan EPIs (Enlightment Pasar Pon Institute).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program kiai dalam meningkatkan literasi santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo; pelaksanaan program kiai dalam meningkatkan literasi santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo; keberhasilan kiai dalam meningkatkan literasi santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis menunjukkan strategi kiai Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo dalam meningkatkan literasi santri melibatkan peningkatan minat baca santri serta program SABTU, EPIS, outbond/tadabbur alam, penugasan liburan/daily life, dan kajian kitab. Pelaksanaan program ini menggunakan konsep POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) untuk memastikan kelancaran program. Keberhasilan strategi ini diukur melalui indikator seperti kemampuan membaca dan menulis, berkomunikasi, berpikir kritis, serta menggunakan teknologi. Beberapa santri berhasil mengikuti lomba dan menghasilkan karya seperti puisi, artikel, narasi pendek, dan cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 00:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 00:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29280 |
Actions (login required)
View Item |